Intip Megahnya Patung Bung Karno Setinggi 8 Meter di Taman Sukasada Buleleng

Antara, Jurnalis · Rabu 22 September 2021 19:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 22 406 2475097 intip-megahnya-patung-bung-karno-setinggi-8-meter-di-taman-sukasada-buleleng-qc1HJujj5V.JPG Patung Bung Karno setinggi 8 meter terpasang di RTH Sukasada, Buleleng (Foto: Antara/Made Adnyana)

PATUNG Presiden Pertama RI, Ir Soekarno alias Bung Karno setinggi 8 meter akhirnya terpasang di Ruang Terbuka Hijau (RTH) atau Taman Bung Karno (TBK) di Kelurahan Sukasada, Buleleng, Bali. Patung tersebut nantinya bakal jadi ikon baru Buleleng.

"Diharapkan bisa menjadi destinasi wisata sejarah nasional di Bali Utara, karena hari Selasa telah dipasang patung Bung Karno yang sudah lama kita tunggu-tunggu," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Buleleng, Gede Melandrat saat pemasangan patung itu.

Melandrat mengatakan, patung Bung Karno ditempatkan pada pedestal yang telah tersedia. Tinggi patung Bung Karno tersebut adalah 8 meter.

"Kalau ditambah dengan pedestal setinggi 6 meter, jadi total ketinggian adalah 14 meter," katanya.

Baca juga: Lapangan Ikada, Saksi Bisu "Sihir" Bung Karno hingga Jadi Wisata Bersejarah Jakarta

Dengan pemasangan patung ini diharapkan pembangunan TBK bisa menjadi sebuah destinasi wisata sejarah nasional, karena trah dan darah merah Soekarno ada di TBK ini. Adapun patung Bung Karno ini pembangunannya menelan biaya Rp859 Juta dan pedestal dengan relief sebesar Rp585 Juta.

"Saya rasa Buleleng akan memiliki salah satu destinasi wisata nasional yang bersejarah," jelasnya.

Setelah patung dipasang, proses pembangunan terus berjalan, seperti melanjutkan penyelesaian patung Singa Ambara Raja. Patung Singa Ambara Raja ini akan menjadi ikon karena akan ada panggung di depan patung Singa Ambara Raja. Tentunya berbeda dengan panggung-panggung di Bali.

"Ini juga akan menjadi bagian yang tidak terlepaskan nanti dalam membuat kegiatan atau acara seremonial serta kegiatan yang membangkitkan kegiatan seni budaya lokal spesifik yang ada di Buleleng," jelasnya.

Ia menambahkan, yang tidak kalah penting adalah pembangunan wantilan. Pada wantilan ini, akan ditempatkan pula patung Bung Karno yang sedang sungkem kepada ibundanya, Nyoman Rai Srimben.

"Wantilan ini akan menjadi wisata edukasi untuk melihat foto-foto dan film yang berkaitan dengan Bung Karno. Wantilan ini akan menjadi bagian dari tempat-tempat untuk memajang karya-karya seni yang berkaitan dengan Bung Karno," kata dia.

Sampai dengan minggu ke-18, lanjut dia, pembangunan sudah mencapai 62,08 persen, termasuk penambahan dari pemasangan patung sebesar 5 persen. Patung Bung Karno sendiri memiliki berat 1,5 ton. Dengan ditambah beton beratnya mencapai dua ton.

"Pengerjaan sudah mencapai 57,08 persen dari target sebesar 47,47 persen. Ini berarti ada deviasi positif sebesar 9,61 persen di luar pemasangan patung Bung Karno ini," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini