Leak, Makhluk Mitologi Bali yang Menarik Perhatian Peneliti Australia

Ahmad Haidir, Jurnalis · Rabu 22 September 2021 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 22 406 2475129 leak-makhluk-mitologi-bali-yang-menarik-perhatian-peneliti-australia-7caekkAw2r.JPG Leak, makhluk mitologi yang diyakini masyarakat Bali (Foto: Instagram/@leak_bali23)

SEBAGIAN orang mungkin tak asing dengan sosok Leak. Ya, Leak merupakan salah satu kisah mitologi legendaris Indonesia yang aslinya berasal dari Pulau Bali.

Popularitas Leak telah menyebar ke seluruh penjuru negeri bahkan dunia, seiring sosoknya yang kerap ditampilkan dalam pertunjukan kesenian Bali.

Leak atau Calonarang digambarkan sebagai makhluk raksasa yang memiliki mata besar, bergigi tajam dengan perawakan tinggi besar, serta berbulu dengan lidah menjulur panjang. Selain itu, seseorang yang menguasai ilmu Leak juga konon dapat menjelma menjadi bola api atau binatang seperti babi.

Bahkan Leak telah diteliti oleh Barbara Lovric, seorang peneliti Australia yang berhasil mengungkap adanya tradisi tersebut di kalangan masyarakat Bali.

Ia mengutarakan bahwa ilmu 'sihir' Bali tersebut dibedakan berdasar kekuataan dan pengetahuan pemilik ilmu tersebut.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Horor di Bali untuk Uji Nyali, Berani Kunjungi?

Menurutnya, ada dua jalur ilmu Leak yakni 'pengiwa' (jalur kiri atau black magic), yang digunakan seseorang untuk melakukan kejahatan.

Ada juga 'penengen' (jalur kanan alias white magic), yang justru digunakan untuk kebaikan seperti mengobati orang yang terkena sihir dan untuk melawan sosok yang menggunakan Leak sebagai kejahatan.

Namun begitu, seseorang yang belajar Leak dengan jalur penengen pun tetap membutuhkan tumbal untuk bisa mendapatkan ilmu tersebut.

Disebutkan pula bahwa ilmu Leak, khususnya pengiwa, ini harus selalu dirahasiakan, karena bila mampu merahasiakan pada seratus kelahiran (reinkarnasi), konon pelakunya akan selalu menemui kebebasan tertinggi.

Kapan Leak muncul?

Meski dirahasiakan keberadaannya, namun konon masyarakat Bali mengungkapkan bahwa orang awam bisa saja melihat Leak saat berada di kegelapan.

Momen seperti mati lampu, terutama di malam Nyepi saat Bali menjadi gelap gulita karena lampu sengaja dimatikan, manusia yang telah berubah wujud menjadi leak akan berbentuk api dan bertempur di angkasa. Mereka bertarung untuk mengadu kesaktian atau sekadar membela klien mereka.

Baca juga: Bule Ini Sebut Bali Pulau Termurah, Modal 5 Dolar Bisa Ngapain Aja?

Untuk dapat menyaksikannya, seseorang harus menyediakan nyali yang tinggi karena selain membutuhkan syarat kegelapan mutlak, Leak digadang-gadang berada dan muncul di tempat seperti kuburan dan tempat-tempat bernuansa mistis lainnya.

Beberapa tempat di Bali seperti Sanur, Suwung, Sabha (Gianyar), hingga Pulau Nusa Penida disebut sebagai tempat yang kekuatan Leak-nya masih cukup kuat. Sebagai sebuah misteri yang banyak diyakini orang, beranikah Anda untuk membuktikan sendiri keberadaan Leak ini?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini