3 Penumpang Pesawat Diusir padahal Sudah 9 Jam Delay, Ternyata Ini Penyebabnya

Salwa Izzati Khairana, Jurnalis · Kamis 23 September 2021 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 22 406 2475284 3-penumpang-pesawat-diusir-padahal-sudah-9-jam-delay-ternyata-ini-penyebabnya-boXH7EoQdv.JPG Penumpang pesawat diwajibkan mengenakan masker selama penerbangan (Foto: Reuters/Mohamaed Abd El Ghany)

SEBANYAK tiga penumpang maskapai American Airlines dikeluarkan dari penerbangan di Bandara Miami pada Jumat lalu setelah dilaporkan menolak mematuhi aturan penggunaan masker. Sebelum kejadian ini, penerbangan menuju Houston tersebut telah ditunda selama sembilan jam 

Dalam sebuah video yang diambil oleh pelancong lain, terlihat seorang wanita berbaju merah dan pria berjaket hitam sedang mengumpulkan barang-barang mereka dari tempat barang di atas kepala sebelum berjalan ke arah depan pesawat.

Sementara itu, tidak ada rekaman yang terlihat mengenai maslaah pemakaian masker. Namun, akun Instagram @OnlyinDade, menyebut kedua penumpang tidak mengenakan masker dengan benar, sedangkan penumpang yang ketiga berdebat dengan awak kabin.

"Tiga orang diusir dari penerbangan American Airlines di MIA yang sudah delay selama sembilan jam. Dua karena tidak mengikuti aturan memakai masker dan seorang lain karena berdebat dengan mereka,” demikian bunyi keterangan di Instagram, oleh pengguna @dreatrev.

Baca juga: Turis Terpapar Covid-19 di Bandara, 100 Orang Langsung Diisolasi

Apapun penyebab pengusiran itu, tindakan tersebut merupakan keputusan paling populer selama pandemi Covid-19. Terdengar penumpang lainnya hanya menertawakan mereka bahkan seraya bernyanyi.

Terkait peristiwa ini Juru Bicara American Airlines mengatakan; “Sebelum lepas landas, American Airlines Penerbangan 1469, dengan layanan dari Miami (MIA) ke Houston (IAH), kembali ke gate untuk menurunkan dua penumpang yang tidak mematuhi instruksi anggota awak dan menolak untuk mematuhi peraturan memakai masker,” terangnya.

“Kami berterima kasih kepada anggota tim atas profesionalisme mereka dan meminta maaf kepada penumpang kami atas ketidaknyamanan ini,” tambahnya.

Amerika Serikat memiliki mandat masker federal, berarti penumpang harus mengenakan masker di semua maskapai dan di semua bandara di seluruh negeri hingga setidaknya Januari 2022.

Pada Juli lalu dilaporkan bahwa 75 persen dari laporan penumpang yang nakal berdasarkan Administrasi Penerbangan Federal sejak 1 Januari berkaitan dengan pemakaian masker, seringkali dimulai dengan penumpang yang menolak untuk memakainya atau menariknya ke bawah, sebelum meningkat menjadi konfrontasi fisik atau pelecehan verbal.

Baca juga: Cantiknya Pramugari Nalar Meldi Bikin Terpesona, Warganet: Calon Istri Idaman

Awal bulan ini, Presiden Joe Biden meningkatkan denda bagi mereka yang menolak mengenakan masker dalam penerbangan AS menjadi minimal USD500 atau sekitar Rp7 juta.

"Jika Anda melanggar aturan, bersiaplah untuk membayar, dan omong-omong, tunjukkan rasa hormat," kata Biden.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini