Catat! Ini 5 Kebiasaan Buruk Traveling yang Harus Anda Hentikan

Salwa Izzati Khairana, Jurnalis · Rabu 22 September 2021 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 22 549 2475001 catat-ini-5-kebiasaan-buruk-traveling-yang-harus-anda-hentikan-zxmmaTVGP4.JPG Berbagai perlengkapan traveling (Foto: SCMP)

TRAVELING termasuk hobi bagi banyak orang, bahkan tak sekadar menjadi hobi saja. Melakukan sebuah perjalanan ke berbagai tempat baru dan memberikan pengalaman yang berkesan. Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, traveling juga bermanfaat untuk mengurangi stres dan depresi.

Namun, saat tengah traveling, terkadang seseorang melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk yang justru membuat perjalanan itu menjadi tidak nyaman. Nah, berikut 5 kebiasaan buruk yang harus secepatnya harus Anda hentikan saat traveling.

Jangan berlebihan

Hal paling menjengkelkan bagi traveler adalah kelebihan muatan pada bagasi pesawat. Jangan sampai Anda menaruh barang apa saja di dalam koper tanpa memilahnya terlebih dahulu. Supaya koper menjadi ringan, Anda bisa menyesuaikan pakaian dengan musim negara tujuan dan menggulung pakaian untuk menghemat tempat.

Solusi lainnya adalah menggunakan aplikasi untuk meringankan beban bawaan Anda. Di antaranya adalah PackPoint yang menghasilkan daftar perjalanan berdasarkan preferensi Anda, dan Packing Pro menyediakan daftar untuk seluruh keluarga, bahkan hewan peliharaan.

Baca juga: Wajib Scan Barcode di Tempat Wisata, Warga: Bagus tapi Merepotkan!

Infografis Traveling

Jangan bepergian terlalu jauh

Tetap berada di dalam batas negara bagian, hal ini bisa menjadi rute teraman yang Anda ambil dalam jangka pendek. Namun, Daniel Finch dari Wotif mengatakan, ada manfaat untuk bepergian dekat dengan rumah, seperti mengurangi keramaian antarnegara, terutama pada musim libur sekolah.

Jangan kembali ke tempat yang sama

Anda pasti memiliki tempat tujuan favorit yang akan dikunjungi lagi dan lagi. Namun, data dari Wotif menunjukkan 54 persen orang Australia mencari petualangan baru setelah masa lockdown berakhir dan 34 persen mereka ingin bepergian ke suatu tempat yang belum pernah dikunjungi.

Melihat hal ini, Anda mungkin juga bisa mencoba melakukan traveling ke tempat baru dan mendapatkan pengalaman yang berbeda. Saatnya untuk meninjau kembali daftar perjalanan Anda.

Jangan Berutang

Bila Anda sedang merencanakan traveling, ada baiknya dengan tidak berutang. Memang terlihat mudah dan cepat, tetapi begitu tiba waktu untuk melunasinya justru akan merepotkan. Terlebih dana itu telah habis terpakai untuk biaya selama perjalanan.

"Lebih dari setengah orang Australia menaruh hingga USD4.000 pada kartu kredit mereka ketika bepergian, dan hanya 37 orang yang segera melunasinya," kata analis keuangan, Canstar Effie Zahos.

“Kami punya waktu sekarang untuk mengambil napas dan merencanakan anggaran perjalanan sehingga Anda tidak menemukan diri Anda dalam situasi itu ketika perbatasan terbuka untuk merobek kartu kredit Anda,” tambahnya.

Ilustrasi Uang

(Foto: Shutterstock)

Menurut Zahos, opsi layby liburan dapat membantu, namun perlu diketahui bahwa beberapa mengenakan biaya hingga 25,99 persen setelah periode bebas bunga.

Bijak menggunakan ponsel

Tahan godaan Anda untuk mencoba mengabadikan semua yang dilihat dan dialami saat liburan, terutama dengan menggunakan kamera ponsel.

“Terus-menerus menunjukkan hal-hal yang Anda perhatikan di sekitar, juga merupakan cara yang bagus untuk tetap berada di saat ini dan bukan di ponsel Anda,” kata Luke McLeod, pendiri studio meditasi virtual Soul Alive.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini