Patut Dicoba, Wisata Olahraga Seru di Belitung

Yaomi Suhayatmi, Jurnalis · Kamis 23 September 2021 19:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 23 25 2475974 patut-dicoba-wisata-olahraga-seru-di-belitung-zr9D3R8mof.jpg Pantai Tanjung Tinggi Belitung. (Foto: Dok.Wonderfulimage.id)

Pulau Belitung berlokasi di Provinsi Bangka Belitung (Babel), merupakan salah satu dari 10 Destinasi Pariwisata Prioritas yang ada #DiIndonesiaAja. Destinasi wisata Belitung punya sejuta pesona yang bikin Anda betah berlama-lama saat liburan setelah pandemi mereda. Mulai dari keindahan bawah laut, pesisir pantai, hingga kuliner lezat, semua tersedia di Belitung yang juga dijuluki Pulau Laskar Pelangi.

Belitung punya spot-spot seru untuk pencinta olahraga, lho! Pasalnya berbagai wisata olahraga bisa dilakukan di pulau yang kaya rempah ini, lengkap dengan pemandangan alam yang bikin enggan pulang.

Nah, bagi Anda yang membutuhkan lebih banyak informasi seputar wisata olahraga hingga destinasi wisata menarik lainnya, yuk follow akun Instagram @pesonaid_travel!

Namun, demi kesehatan dan kenyamanan bersama Anda disarankan untuk berkunjung ke Belitung saat situasi pandemi mulai reda. Jangan lupa juga untuk tetap mematuhi protokol kesehatan 6M serta segera melakukan vaksinasi, ya! Karena keselamatan kita bersama adalah prioritas utama.

Berikut rekomendasi aktivitas olahraga yang bisa Anda lakukan ketika berlibur ke Belitung. Aktivitas ini bisa dimasukkan sebagai wish list wisata Anda nanti, ya! Yuk, disimak!

1.Berenang


 

Foto: Instagram @danu_sofwan


Jika nanti berada di Belitung, Anda bisa mengunjungi Pulau Lengkuas. Pulau ini terbilang kecil dengan luas kurang dari 1 hektare. Di sana, berdiri mercusuar peninggalan Belanda yang dibangun tahun 1882.

Cobalah untuk berenang di laut yang berwarna biru jernih di sekitar pulau ini. Perairan di sekitar Pulau Lengkuas cenderung tenang karena terletak di antara pulau-pulau. Anda juga bisa bersantai di pinggir laut maupun di tengah batuan granit.

Baca Juga: Diakui UNESCO, Geopark Belitung Bisa Dongkrak Kunjungan Wisatawan Mancanegara

Sambil bersantai di pulau ini usai berenang, mengonsumsi sirup jeruk kunci khas Belitung dari pelaku ekonomi kreatif lokal akan membuat dahaga Anda sirna setelah aktivitas berenang. Bagi Anda yang mau pesan online bisa langsung mengunjungi @klapa.oleh2, ya!

2. Bersepeda

Foto: Sindonews via Instagram Sandiaga Uno

Bukan hanya pantai pasir putih yang dilengkapi bebatuan granit saja yang bisa Anda nikmati apabila melancong ke Belitung. Tetapi, melakukan beragam kegiatan menarik sangat bisa dilakukan oleh wisatawan, baik tur maupun wisatawan perorangan. Salah satunya adalah menikmati keindahan pusat Kota Tanjung Pandan dengan cara bersepeda.

Tidak perlu menghabiskan waktu yang lama untuk berolahraga sembari menikmati seluk beluk kota Tanjung Pandan. Estimasi waktu yang dibutuhkan antara 30 menit hingga satu jam saja.

Ada bebeberapa tempat tujuan para pesepeda, yaitu Pantai Tanjung Pendam, Satam Square Belitung, KV Senang, Jam Gede, Danau Kaolin, hingga Desa Aik Rayak. Selesai bersepeda, makanan lokal khas Belitung yang nendang di perut bisa Anda dapatkan dengan #BeliKreatifLokal, salah satunya bakso ikan Belitung yang juga bisa Anda pesan di @baksoikanbelitung.

3. Bermain Kayak dan Kano

Foto: befreetour.com

Keindahan Belitung dapat digambarkan dari pantai hingga pulau-pulau kecil yang dimiliki. Hamparan pasir putih dan batuan granit yang berukuran raksasa serta air biru yang jernih menjadikan mata kita tak bosan memandangnya.

Berkunjung ke Pulau Leebong (Lelebong), Anda bisa merasakan petualangan wisata lainnya. Dengan kondisi ombak tidak terlalu besar, Anda bisa menggunakan kayak dan kano sambil menjelajahi hutan mangrove, Pulau Pasir, dan Pulau Bintang. Bentangan pasir putih dan birunya laut membuat Anda semakin rileks.

Menikmati kuliner khas Belitung, seperti lempah kuning dari pengusaha lokal @lempahkuning.banghanif juga tidak boleh Anda lewatkan setelah bermain kayak dan kano, ya!

4. Jogging

Ilustrasi Jogging di Pantai (Foto: Freepik)

Salah satu pantai yang wajib Anda kunjungi saat berlibur ke Belitung adalah Pantai Tanjung Kelayang. Pemandangan di Pantai Tanjung Kelayang benar-benar unik. Di sebelah baratnya terdapat batu-batu granit dengan berbagai macam ukuran.

Sementara di sisi sebaliknya, terdapat hamparan pasir putih yang sedap dipandang. Pasir pantai putih yang lembut, serta air jernih dengan warna kebiruan ini menjadi nilai tambah untuk pesona pantainya.

Ombak di pantai juga cukup bersahabat. Anda bisa jogging atau berjalan santai bersama pasangan maupun keluarga sambil menikmati pantai dan sunset yang eksotis.

Sambil melepas lelah usai jogging di pinggir pantai, Anda bisa duduk di atas hamparan pasir putih yang lembut sambil memandangi burung-burung Kelayang yang berlalu lalang di langit. Kuliner khas Belitung pas banget menemani suasana santai Anda setelah jogging, salah satunya yaitu martabak Bangka. Anda bisa juga melakukan pemesanan secara online melalui akun Instagram @martabakmanistirta.

5. Trekking

Foto: Instagram @ikhsanariwibowo

Pulau Laskar Pelangi ini memiliki keindahan bawah laut dan pantai pasir putih yang menakjubkan. Bukan hanya menikmati itu saja, ketika berkunjung ke Belitung, Anda juga dapat melihat-lihat Gua Kelayang di Pulau Kelayang.

Untuk menuju Gua Kelayang, Anda harus melakukan trekking selama kurang lebih lima menit menyusuri sisi dalam pulau. Untuk mencapai tempat ini Anda juga harus trekking melewati beberapa susunan batu yang besar.

Lelah memang pasti akan terasa, namun begitu sampai, Anda akan terkagum-kagum melihatnya. Gua ini berbeda dari gua pada umumnya, karena ternyata gua ini terbentuk dari gugusan batu yang membentuk seperti gua.

Selama trekking, Anda akan menikmati sepinya kawasan ini dengan ditemani bunyi suara jangkrik hingga kicauan burung. Untuk mengisi perut usai trekking, jangan lupa menikmati hidangan khas Belitung dengan #BeliKreatifLokal, seperti mie Belitung di @miebelitung.phopho.

Itulah beragam wisata olahraga seru yang bisa Anda lakukan di Belitung, tentunya pas banget untuk jadi wish list liburan Anda saat pandemi mulai mereda. Anda juga tetap harus disiplin protokol CHSE saat berlibur nanti, untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 serta percepatan pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

Hal tersebut juga sebagai bentuk dukungan yang bertepatan pada momentum Hari Pariwisata Sedunia yang jatuh di tanggal 27 September 2021, lho!

Foto: Wonderfulimage.id

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno menyatakan Indonesia memiliki kekayaan wisata alam yang luar biasa. Tentunya, penting untuk menjaga kebersihan dan keberlanjutan lingkungannya sampai kapanpun.

Menparekraf yakin bahwa sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Kepulauan Bangka Belitung dapat segera bangkit. "Saya berharap Belitung bisa menghadirkan smell, taste, vibration, sound, sight, feel-nya keindahan alam Nusantara. Semoga Belitung jadi ikon pariwisata baru Indonesia," jelasnya.

Menparekraf Sandiaga Uno mengungkapkan adanya pandemi Covid-19 memperlihatkan betapa gigihnya masyarakat Indonesia, terutama pelaku ekonomi kreatif untuk berkolaborasi, berinovasi, dan displin mengimplementasikan aspek #InDOnesiaCARE pada sektor pariwisata di masa pandemi Covid-19 ini.

Sambil menunggu waktu yang tepat untuk wisata olahraga di Belitung, Anda bisa mengikuti Pesona Punya Kuis atau PUKIS yang diadakan pada hari Selasa di setiap pekan. Caranya sangat mudah! Anda tinggal follow akun Instagram @pesonaid_travel dan like unggahan PUKIS terbaru.

Kemudian, jawablah pertanyaan yang diberikan melalui kolom komentar. Jangan lupa mention tiga teman Anda untuk ikut memeriahkan kuis ini, ya! Buat Anda yang beruntung bisa memenangkan beragam hadiah menarik, lho! Yuk, buruan ikutan!

CM

(yao)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini