Kambing Gunung Duel Lawan Beruang Grizzly, Hasilnya Mengejutkan!

Nindi Widya Wati, Jurnalis · Kamis 23 September 2021 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 23 406 2475543 kambing-gunung-duel-lawan-beruang-grizzly-hasilnya-mengejutkan-Ag3Qyyvyya.JPG Kambing gunung bertanduk menyerupai belati berhasil membunuh beruang grizzly dalam sebuah pertarungan sengit (Foto: Getty Images/De Agostini)

SEEKOR kambing gunung yang kecil bukan berarti lemah, terbukti secara nyata ia dapat habis-habisan melawan beruang grizzly dengan tanduknya yang menyerupai belati.

Bermula ketika seorang pejalan kaki yang terkejut melihat tubuh beruang seberat kurang lebih 70 kilogram di jalur gunung, berdasarkan wawancara The Express.

Lantaran peristiwa tersebut, beruang betina itu pun dievakuasi agar dapat dipelajari di laboratorium terdekat. Di mana para ilmuwan menyimpulkan luka tanduk mematikan di ketiak dan lehernya pasti dibuat oleh kambing gunung dalam serangan 'pertahanan diri'.

David Laskin, seorang ahli ekologi Taman Kanada, mengatakan kepada Guardian bahwa beruang grizzly cenderung menyerang dari atas, dengan fokus pada kepala, bagian belakang leher, dan bahu mangsa.

“Tanggapan defensif kambing gunung adalah melindungi dirinya sendiri dengan menggunakan tanduknya yang tajam,” jelas Laskin.

Baca juga: Dikira Manusia, Eh Kakek Ini Ternyata Diserang Beruang

Beruang Grizzly

(Foto: Getty Images)

Tubuh beruang yang dianiaya ditemukan di jalur Burger Pass, dekat Field, British Columbia, pada 4 September lalu.

Sementara kambing gunung adalah hewan kecil yang cocok untuk dataran tinggi, bentuknya yang kekar dapat memiliki berat hingga 275 lbs, atau 125 kilogram. Dan tanduk mereka, yang dikenal sangat tajam, terkadang berukuran sepanjang 12 inci.

Laskin mengatakan, predasi beruang Grizzly pada kambing gunung relatif umum. Dia mencatat bahwa beruang menempatkan diri mereka dalam risiko ketika memangsa ungulata besar seperti rusa besar.

Meski ada kasus lain tentang kambing gunung yang secara defensif membunuh beruang yang pernah juga dilaporkan sebelumnya, dia mengatakan jarang melihat sesuatu seperti ini didokumentasikan.

"Ini benar-benar menarik - dan pengingat bahwa alam penuh dengan kejutan," katanya, melansir Mirror.

Serangan beruang memang jarang terjadi, beberapa justru harus bertemu di jalan dengan beruang grizzly yang marah. Bahkan terdapat juga peristiwa Yevgeny Starkov (42), bersama teman satu timnya.

Ketika sedang mengemasi tenda dalam pendakian, tiba-tiba beruang itu muncul, dan akhirnya mereka melarikan diri. Namun sayangnya, Mr Starkov seorang turis dari Moskow, nahasnya gagal melarikan diri dan jadi bulan-bulanan si beruang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini