Batu Pemberat untuk Mencurangi Timbangan Berusia 2.700 Tahun Ditemukan di Yerusalem

Agregasi BBC Indonesia, Jurnalis · Jum'at 24 September 2021 00:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 23 406 2475880 batu-pemberat-untuk-mencurangi-timbangan-berusia-2-700-tahun-ditemukan-di-yerusalem-Vc2gP04hQr.jpg Batu diyakini untuk mencurangi timbangan berusia 2.700 tahun era Yarusalem kuno (Elihayu/City of David/BBC)

PARA ahli arkeologi menemukan batu pemberat berusia 2.700 tahun yang diyakini dipakai untuk mencurangi timbangan dalam perniagaan di era Yerusalem kuno.

Batu yang terbuat dari kapur ini ditemukan saat tim arkeolog melakukan penggalian di bagian utara City of David, yang terletak di kawasan Kota Lama Yerusalem.

Baca juga: Begini Wujud Lampu Minyak Langka Berusia 2.000 Tahun di Yerusalem

Ada dua goresan di batu dengan diameter 14 milimeter dan panjang 12 milimeter tersebut, yang menunjukkan bahwa berat batu ini dua gerah, yang kira-kira sama dengan 0,944 gram.

Namun, setelah diteliti ternyata bobot batu tersebut 3,61 gram atau tiga kali lebih berat dari simbol dua goresan yang ada di permukaan batu.

Dua arkeolog yang meneliti batu ini, Eli Shukron dan Hagai Cohen Kolonimus dari Hebrew University of Jerusalem, menyimpulkan besar kemungkinan "batu ini dipakai untuk menipu atau mencurangi orang ketika berniaga".

Baca juga: 9 Fakta Menarik Masjid Al Aqsa, Saksi Bisu Konflik Israel-Palestina

"Kitab Injil membahas bahwa curang dalam timbangan bukan sesuatu yang baru. Pedagang curang dengan memakai dua pemberat yang berbeda, ada yang berat dan ada yang ringan, yang mereka pakai ketika membeli dan menjual barang perniagaan," kata Shukron dan Kolonimus, seperti dikutip dalam laman resmi City of David di Facebook.

Praktik semacam ini dilarang dalam agama.

Dalam Quran di surat al-Muthaffifin, Allah berfirman celakalah orang-orang yang curang. Yaitu orang-orang yang apabil menerima takaran dari orang lain, mereka minta dipenuhi. Dan jika mereka menakar atau menimbang untuk orang lain, mereka mengurangi.

Ilustrasi

Para arkeolog menggambarkan batu pemberat timbangan ini sebagai temuan yang sangat jarang.

Media di Israel mengatakan sejauh ini hanya ada dua pemberat dari era Yerusalem kuno yang ditemukan para ahli.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini