Nama-Nama Unik Desa di Jawa Timur, Bikin Ngakak Sejagat Raya

Salwa Izzati Khairana, Jurnalis · Jum'at 24 September 2021 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 24 408 2476436 nama-nama-unik-desa-di-jawa-timur-bikin-ngakak-sejagat-raya-sirIBrWBHH.jpg Nama-nama unik desa di Jawa Timur, salah satunya Desa Pocong (michellestefaniethio.blogspot.com)

BERIKUT adalah nama nama-unik  desa di Jawa Timur. Ya, desa-desa ini memang memiliki nama kocak yang bisa bikin orang tertawa ketika mendengarnya. Tapi kenyataannya memang lokasinya ada.

Jawa Timur memang punya banyak destinasi wisata yang menjadi tempat tujuan wisata favorit bagi turis. Beberapa yang populer di antaranya adalah Gunung Semeru, Gunung Bromo, Kawah Ijen, Taman Nasional Baluran dan lainnya.

Baca juga: Fakta-Fakta Menarik Giethoorn, Desa Unik bak Negeri Dogeng

Namun, jika mencari hal unik lainnya, bisa juga mengunjungi desa-desa dengan nama-nama lucu ini. Di balik nama-nama unik tersebut, tersimpan cerita menarik lho yang bisa digali.

Nah, berikut 7 nama unik desa di Jawa Timur :

Desa Malingmati

Apa yang terlintas begitu mendengar nama desa ini? Pasti seorang maling (pencuri) yang meninggal bukan. Desa Malingmati ini berada di Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Nama unik desa satu ini juga ada kisahnya sendiri, lho.

Konon, ada seseorang yang memiliki ilmu kanuragan sangat tinggi dan terkenal sakti. Orang itu juga terbiasa mencuri dan hasil curiannya diberikan untuk kaum miskin. Pada suatu waktu, datanglah seorang maling lain yang tak kalah saktinya. Dan akhirnya mereka bertarung dengan sengit.

Baca juga: Pesona Sibanggor Julu, Desa Unik Berusia Ratusan Tahun di Sumatera Utara

Si maling pendatang ini pun mampu memanjat hingga menembus pohon. Siapa saja yang bisa memanjat pohon pisang besar dalam pertarung itu akan menjadi pemenangnya. Namun, begitu maling pendatang berhasil memanjatnya, tiba-tiba ia menghilang dan mati.

Dari kisah itulah nama desa ini berasal. Meski begitu, belum diketahui pasti asal-usul sebenarnya nama desa unik ini karena tidak ada bukti tertulisnya.

Desa Ngalawak

Hati-hati bagi Anda yang mendengar nama desa unik ini, bisa-bisa ikutan terpingkal-pingkal karena nama desa tersebut. Seperti namanya, menurut masyarakat setempat, di desa ini banyak dari mereka yang memang suka melawak (melucu) sehingga membuat orang lain tertawa.

Baca juga: Misteri Ding Wuling, Desa di China yang Bebas Nyamuk Hampir Satu Abad

Desa ini berada di Kecamatan Kertosono, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Mungkin bila Anda sedang sedih dan perlu untuk dihibur, bisa coba berkunjung ke desa ini.

Desa Pocong

Masih beranikah Anda untuk datang ke Desa Pocong? Begitu mendengar namanya sudah membuat bulu kuduk merinding. Desa ini berada di Kecamatan Tragah, Kabupaten Bangkalan, Provinsi Jawa Timur.

Nama unik pada desa itu karena kerap muncul penampakan sosok pocong setelah ada orang yang meninggal, berdasarkan cerita yang beredar di masyarakat setempat. Selain itu, ada juga cerita lain dari penamaan desa unik ini. Konon, pocong diambil dari sebuah cerita munculnya sumber air pertama dari pohon pucang.

Desa Gelap

 

Desa unik satu ini berada di Kecamatan Laren, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Meski namanya Desa Gelap, bukan berarti sepanjang hari di desa itu mengalami kondisi gelap gulita, ya. Mayoritas penduduk di desa bekerja sebagai petani karena ada hutan jati yang lokasinya tak jauh dari desa berada.

Desa Pesing

 

Aneh dan unik bukan nama desa ini. Meski namanya pesing, bukan berarti karena bau air kencing, ya. Desa Pesing berada di Kecamatan Purwoasri, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Di desa ini pula kampung halaman Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko.

 Ilustrasi

Desa Toket

Nama desa ini memang terkesan cukup vulgar, tetapi ternyata Desa Toket termasuk desa yang terkenal akan penghasil batik di Pamekasan. Desa Toket berada di Kecamatan Proppo, Pamekasan, Jawa Timur.

Desa Gadungan

Konon, nama unik desa ini didirikan oleh Tumenggung Dermokusumo, pasukan Pangeran Diponegoro yang melarikan diri setelah kalah perang. Desa Gadungan sudah berdiri sejak tahun 1830-an.

Menariknya, nama Desa Gadungan terdapat di dua desa yang berbeda. Berada di Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri dan di wilayah Gundusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini