Hikayat Kampung Janda Baik, Dihuni Para Wanita Cantik Berakhlak Mulia

Anisa Suci Maharani, Jurnalis · Sabtu 25 September 2021 13:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 25 406 2476706 hikayat-kampung-janda-baik-dihuni-para-wanita-cantik-berakhlak-mulia-YHNdnTBYOb.JPG Gerbang masuk Kampung Janda Baik di Pahang, Malaysia (Foto: Instagram/areeshasofia_aydanfayyaadh)

KAMPUNG Janda Baik. Desa bernama unik ini dapat Anda jumpai di Pahang, salah satu negara bagian di Malaysia. Suasana Kampung Janda Baik yang masih sangat natural menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan.

Jauh dari hiruk pikuk kota metropolitan, kampung ini memanjakan Anda dengan pemandangan alam yang elok serta udara yang sejuk.

Berbagai kisah asal usul nama Kampung Janda Baik tersebar dari mulut ke mulut orang Melayu jiran. Setidaknya, terdapat tiga kisah dengan versi berbeda yang mewarnai kehidupan masyarakat penghuni kampung ini. Berikut ulasannya, sebagaimana dirangkum Okezone dari berbagai sumber.

Dihuni banyak janda

Ada yang mengklaim bahwa nama unik 'Janda Baik' muncul karena banyak wanita berstatus janda pada masa itu. Suami para janda meninggal dalam perang saudara yang terjadi di wilayah Selangor.

Para janda di sini tak hanya dikenal berparas cantik, namun mereka juga mempunyai kepribadian luhur yang suka menolong orang lain dalam kesulitan. Sehingga tak heran jika para wanita di kampung ini banyak dipuji orang karena berhati mulia atau berakhlak 'baik' dan terpuji.

Baca juga: Sstt... Ada Kampung Janda di Bogor, Bikin Para Lelaki Ogah Pulang

Pelancong di Kampung Janda Baik, Malaysia

(Foto: Instagram/@uyunasuha)

Awalnya bernama Kampung Tiga Haji

Kampung ini mulanya bernama Kampung Tiga Haji. Sebab, pendiri desa tersebut ialah tiga orang bergelar haji yaitu Haji Deris, Haji Kadir dan Haji Yasir. Kemudian nama kampung diubah menjadi Janda Baik 1936 silam.

Nama 'janda baik' berawal dari kisah pertengkaran antara kepala suku Orang Asli Tok Batin Wok dan istrinya, Siah. Keduanya berpisah selama sebulan sebelum mereka berdamai.

Empat minggu kemudian petugas distrik Bentong Henry Peacock menyarankan nama kampung diubah menjadi 'Janda Baik'.

Janda dalam bahasa Melayu berarti 'cerai' dan baik mengacu pada hubungan antara dua pasangan tersebut yang membaik sejak mereka bersatu kembali alias rujuk.

Kisah wanita baik hati

Dalam cerita versi ketiga, asal usul nama Janda Baik konon berasal dari seorang janda yang baik hati membantu penduduk Pahang.

Pada tahun 1918 pernah terjadi perang saudara di Selangor. Peperangan ini menyebabkan penduduk lokal banyak jatuh korban.

Seorang janda bersedia merawat penduduk yang terluka. Ia juga mengizinkan penduduk untuk tinggal di rumahnya sampai sembuh total. Sayangnya, tak ada literatur yang menyebut identitas sang janda baik hati tersebut.

Suasana Asri Kampung Janda Baik

(Foto: Instagram/@zainahsuboh)

Baca juga: Nama-Nama Unik Desa di Jawa Timur, Bikin Ngakak Sejagat Raya

Entah cerita versi mana yang benar, yang jelas penamaan desa ini sangatlah unik. Sama seperti negeri tetangganya, Indonesia. Malaysia juga ternyata punya desa bernama kampung janda.

Tidak berbeda dengan yang ada di Indonesia seperti Desa Ciburayut (Bogor) dan Desa Batuah (Banjarbaru, Kalsel), kampung yang tersemat kata 'janda' itu memiliki latar belakang yang intinya sama, yakni dihuni para perempuan berstatus janda karena ditinggal mati suaminya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini