Spot Diving? 4 Pulau di Wakatobi Ini Miliki Keindahan Alam Bawah Laut

Yaomi Suhayatmi, Jurnalis · Senin 27 September 2021 16:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 27 25 2477634 spot-diving-4-pulau-di-wakatobi-ini-miliki-keindahan-alam-bawah-laut-UUAV1A4uw0.jpg Foto: Instagram/ @amalhermawan via instagram/ @visitwakatobi

Momentum Hari Pariwisata Sedunia atau World Tourism Day yang jatuh pada 27 September 2021, mengingatkan kita pada destinasi wisata #DiIndonesiaAja yang telah terkenal hingga mancanegara, salah satunya adalah Wakatobi yang berlokasi di Sulawesi Tenggara. Destinasi yang telah masuk sebagai cagar budaya UNESCO ini menyimpan pesona alam yang mengagumkan. Pasalnya, di Wakatobi terdapat beberapa pulau-pulau kecil dengan pesona laut yang menakjubkan. Tidak hanya itu, kekayaan biota lautnya pun tak perlu diragukan.

Daerah yang termasuk dalam segitiga emas karang dunia ini diketahui memiliki sekitar 942 jenis ikan dan lebih dari 750 spesies karang. Tak heran, jika Wakatobi menjadi destinasi spot diving atau snorkeling andalan #DiIndonesiaAja oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara. Wakatobi juga disebut sebagai spot diving terbaik di dunia oleh peneliti asal Prancis, Jacques Cousteau. Yuk, rencanakan liburan ke Wakatobi jika situasi mulai membaik! Tentunya, dengan tidak lupa disiplin menerapkan protokol kesehatan serta melakukan vaksinasi sebelum berwisata. Nah, catat dulu tempat diving yang ada di Wakatobi berikut ini.

1. Pulau Binongko

 

 (Foto: Instagram/@visitbinongko)

Berada di selatan Wakatobi, Pulau Binongko menjadi salah satu tempat yang tepat untuk melakukan kegiatan diving. Anda akan dibuat kagum dengan biota laut yang beragam menghiasi keindahan alamnya. Terumbu karang ini juga bisa Anda lihat hanya dari permukaan lautnya saja, lho!

Keseruan lainnya saat berada di Pulau Binongko ialah mengunjungi Taman Batu yang berlokasi di Desa Walloindi. Taman Batu ini merupakan sebuah lapangan di atas laut yang terbuat dari bebatuan koral hitam. Selain memiliki panorama pantai yang menakjubkan, di Pulau Binongko juga terdapat destinasi wisata menarik lainnya, seperti benteng pertahanan era kolonial, yaitu Benteng Palahidu. Dengan semua hal tersebut, Anda dapat melihat keindahan Kepulauan Wakatobi yang mengesankan.

2. Pulau Hoga

 

 (Foto: Instagram/@dulanode)

Pulau Hoga disebut-sebut menjadi surganya para penyuka wisata bahari. Pasalnya, pantai dengan hamparan pasir putih ditambah deburan ombak yang menenangkan membuat pikiran kembali segar setelah padatnya rutinitas harian di kota. Tidak hanya itu, keberagaman biota laut yang berada di Pulau Hoga pun menjadi hal favorit para wisatawan. Bagi Anda yang takut untuk melakukan snorkeling, Anda tetap bisa menikmati indahnya hamparan terumbu karang dari permukaan laut.

Tak heran, jika Pulau Hoga menjadi salah satu destinasi wisata favorit yang ada #DiIndonesiaAja bagi para wisatawan lokal hingga mancanegara. Kecantikan Pulau Hoga ini juga terletak pada langitnya saat sore hari. Begitu pun saat malam hari tiba, Anda bisa melihat hamparan bintang yang gemerlap. Kebayang kan keindahan panorama dari Pulau Hoga ini?

3. Pulau Tomia

 

 

 (Foto: Instagram/@wulanrussell)

Pulau Tomia menjadi salah satu pulau kecil di Wakatobi yang memiliki kekayaan biota laut. Di sini, Anda bisa melihat keberagaman terumbu karang yang mengesankan dan berbagai ikan kecil yang lucu. Bahkan, di Pulau Tomia ini memiliki 28 spot diving populer, di antaranya Roma, Cornucopia, dan House Reef. Selain keindahan alam bawah lautnya, Pulau Tomia juga menyimpan kecantikan pada hamparan pasir putih di pesisir pantai. Suasana di Pantai Tomia ini semakin manis dengan adanya perpaduan jajaran pohon kelapa.

Tidak hanya hamparan pantainya yang memesona, di Pulau Tomia juga terdapat hamparan rerumputan hijau di Bukit Kahianga. Keindahan ini semakin dimanjakan dengan angin semilir yang menyejukan. Selain itu, Anda juga bisa melihat cantiknya Pulau Tomia dari atas Bukit Kahianga.

4. Pulau Wangi-Wangi

  

 (Foto: Instagram/@rofat)

Di Ibu kota Kabupaten Wakatobi, Pulau Wangi-Wangi ini memiliki banyak spot diving yang terdapat di berbagai pantai yang ada di sini. Pasalnya, alam bawah laut di Pulau Wangi-Wangi memiliki kekayaan biota laut yang beragam. Seperti yang ada di Onemohute, di sini Anda bisa menyaksikan warna dari terumbu karang yang mengesankan. Tidak hanya itu, Anda juga dapat melihat lumba-lumba yang muncul di permukaan laut saat waktu tertentu.

Destinasi wisata lainnya di Pulau Wangi-Wangi, terdapat di Pantai Sombu. Kejernihan airnya dengan udara sepoi-sepoi menambah keindahan panorama alam di sini. Selain itu, Anda juga bisa menemukan spot snorkeling hanya dengan berjalan dari dermaga saja. Bukan hanya wisata bahari, di Pulau Wangi-Wangi juga terdapat desa wisata yang bisa dikunjungi untuk mengenal dan belajar budaya yang ada di sini.

Wah, pesona alam Wakatobi memang menakjubkan, ya! Sementara waktu, sembari menunggu waktu yang tepat untuk berwisata, kamu bisa #BeliKreatifLokal oleh-oleh khas Sulawesi Tenggara, seperti abon ikan marlin, kacang mete, juga kain tenun Wakatobi secara online melalui e-commerce yang ada di gawai Anda.

 

 (Foto: Instagram/@sandiagauno)

Selain menyimpan keindahan alam, Wakatobi juga memiliki keberagaman budaya yang mengesankan. Tak heran, jika Wakatobi termasuk dalam Destinasi Super Prioritas yang tengah dipersiapkan oleh Kemenparekraf, seperti yang diungkapkan oleh Sandiaga Salahuddin Uno

“Ada lima Destinasi Super Prioritas, tapi ada lima lagi yang disiapkan setelah itu, termasuk Belitung, Wakatobi, Raja Ampat, Morotai, dan destinasi lain. Ini lagi kita persiapkan agar bisa menjadi penopang dari pertumbuhan ekonomi kita," ucap Menparekraf Sandiaga Uno.

Agar kita bisa cepat mengunjungi Wakatobi, jangan lupa untuk tetap mengimplementasikan protokol kesehatan 6M dan lakukan vaksinasi guna membentuk daya tahan tubuh untuk melawan virus Covid-19. Dengan begitu, Anda juga dapat melindungi orang-orang tersayang yang berada di sekitar Anda.

Untuk mengusir kebosanan selama berada #DiRumahAja, Anda bisa follow akun Instagram @pesonaid_travel agar menambah inspirasi seputar jalna-jalan dan produk kreatif lokal yang ada #DiIndonesiaAja. Selain itu, ikutan juga PUKIS atau Pesona Punya Kuis yang diadakan setiap hari Selasa. Caranya juga mudah, follow akun Instagram @pesonaid_travel dan like unggahan PUKIS terbaru. Lalu, jawab pertanyaan yang diberikan melalui kolom komentar. Mention juga tiga teman Anda untuk ikut memeriahkan kuis ini.

Raih kesempatan untuk memenangkan beragam hadiah menariknya, ya! Jangan sampai ketinggalan, semoga beruntung! (CM)

(yao)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini