Sumur Barhout dan Mitos "Penjara" Para Jin, Peneliti Ungkap Fakta Mengejutkan

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 27 September 2021 09:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 27 406 2477301 sumur-barhout-dan-mitos-penjara-para-jin-peneliti-ungkap-fakta-mengejutkan-6c7beISwOh.JPG Gua Barhout di Yaman yang dijuluki "Sumur Neraka" (Foto: The National)

GUA sumur Barhout yang terletak di tengah gurun di Provinsi Al-Mahra, Yaman memiliki mitos yang melekat hingga sekarang. Konon lubang besar ini merupakan "penjara" para jin, serta gambaran siksa di akhir zaman nanti.

Sumur Barhout memiliki lebar 30 meter, dan kedalamannya mencapai 112 meter. Sebab mitosnya yang sangat kuat, maka tempat ini dijuluki sebagai 'Sumur Neraka'.

Dikutip dari laman The National News, Oman Caves Exploration Team (OCET) ingin membuktikan, apakah benar Barhout adalah penjaranya para jin.

Ia dan timnya sebanyak delapan orang, kemudian sisanya menunggu di luar sumur mencoba menjelajahi ke dalam sumur tersebut.

"Beberapa orang mengatakan itu adalah tempat orang murtad dan orang yang tidak percaya disiksa setelah kematian," kata ahli geologi dan pemilik Pusat Konsultasi Ilmu Bumi kepada The National.

Baca juga: Penasaran Keberadaan Jin, Penjelajah Gua Masuki Sumur "Neraka" Sedalam 112 Meter

Gua Barhout di Yaman

(Foto: The National)

OCET disebut-sebut sebagai tim pertama yang berani menyelam ke dalam sumur Barhout. Mereka masuk ke kedalaman 367 kaki (112 meter) dengan peralatan lengkap yang dibawanya.

"Rasa semangat mendorong kami untuk melakukan ini. Kami merasa bahwa ini adalah sesuatu yang akan mengungkapkan keajaiban baru dan bagian dari sejarah Yaman," ujar Mohammed al-Kindi, profesor geologi di German University of Technology, Oman sekaligus tim OCET.

Setelah masuk ke dalam selama 6 jam lamanya, tim keluar dari gua dan menjelaskan apa saja yang mereka lihat di dalamnya. Mereka membawa beberapa sampel untuk bahan penelitian, dan lebih dalam apa yang sebenarnya terjadi di dalam sumur mengerikan itu.

Para penjelajah ini menemukan mutiara gua yang berkilau, yang terbentuk secara alami. Elemen paling ajaib ini bersinar melalui air terjun bawah tanah.

"Mutiara gua adalah endapan kalsium karbonat konsentris yang terbentuk di sekitar inti di bawah air yang jatuh. Cincin-cincin ini dihaluskan oleh gerakan air yang jatuh selama ribuan tahun hingga membentuk bentuk mutiara yang indah," terangnya.

Kemudian bangkai hewan, dan ular-ular yang tidak akan menganggu, selama keberadaannya tidak diusik.

Mohammed berharap dengan kunjungannya ke dasar yang disebut 'Sumur Neraka' beserta temuannya itu dapat melenyapkan mitos seputar gua dan situs serupa lainnya.

Baca juga: Wow, Kota Tua di Yaman Memiliki Warna Bangunan Senada

Ia melanjutkan bahwa Barhout adalah gua yang perlu dijaga, dan jenisnya dapat ditemukan di daerah Yaman lainnya. Mitos tersebut, menurutnya, bisa terjadi di daerah mana saja.

Selanjutnya, Mohammed akan melanjutkan penjelajahannya untuk meneliti, apakah jenis gua yang serupa dengan Barhout ini memiliki mitos serta keunikan yang sama.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini