PON Papua 2021 Jadi Momentum Dongkrak Pariwisata, Ini 5 Strateginya

Antara, Jurnalis · Senin 27 September 2021 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 27 406 2477444 pon-papua-2021-jadi-momentum-dongkrak-pariwisata-ini-5-strateginya-1g05QYQ2oj.jpg Piaynemo di Raja Ampat, Papua Barat (Antara/Akbar)

PENGAMAT pariwisata Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Chusmeru mengatakan, penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional atau PON XX di Papua menjadi momentum tepat untuk mendongkrak pariwisata di daerah tersebut.

"Ini merupakan momentum yang tepat untuk makin mendongkrak sektor pariwisata di Papua," katanya di Purwokerto, Banyumas, Senin (27/9/2021).

Baca juga: Kemenparekraf Ungkap 5 Fakta Unik PON XX Papua 2021, Apa Saja?

Pasalnya, kata dia, gelaran olahraga nasional itu akan diikuti oleh lebih dari 7.000 atlet ditambah dengan ofisial.

"Apalagi, jika panitia penyelenggara dan Pemerintah Provinsi Papua mengemas kegiatan PON dalam paket sport tourism atau wisata olahraga," katanya.

 

Oleh sebab itu, kata dia, Pemprov Papua perlu menggarap hajatan olahraga nasional tersebut dengan strategi wisata olahraga.

"Beberapa hal dapat dilakukan agar pariwisata Papua dapat terimbas dari kegiatan PON ini. Langkah pertama tentunya adalah jaminan keamanan dan kenyamanan bagi seluruh atlet dan rombongan untuk mengunjungi objek dan daya tarik wisata di Papua," katanya.

Baca juga:  Jayapura Bangun Homestay Bangkitkan Gairah Pariwisata

Kedua, mengingat PON diselenggarakan masih dalam situasi pandemi COVID-19, maka perlu penerapan protokol kesehatan yang ketat bagi setiap peserta PON saat berada di objek wisata. Begitu pula dengan pengelola dan pekerja pariwisata di Papua juga menerapkan protokol kesehatan ketat.

Dengan demikian, kata dia, atlet dapat tetap sehat ketika bertanding, berkunjung ke objek wisata, serta saat kembali ke daerah masing-masing.

Ketiga, Pemprov Papua perlu secepatnya menyiapkan sumber daya manusia di sektor pariwisata yang siap melayani atlet PON dengan standar pelayanan kepada wisatawan.

"Keempat, penataan objek dan daya tarik wisata perlu segera dilakukan. Papua memiliki objek wisata alam yang masih natural. Tinggal perlu dikembangkan daya tarik wisata seperti seni budaya, kuliner, dan hasil kerajinan untuk sajian wisatawan," katanya.

 Ilustrasi

Kelima, kerja sama dengan biro perjalanan wisata perlu segera dijalin untuk membuat paket wisata yang memadukan unsur olahraga, alam, dan budaya Papua.

Dengan demikian, setiap atlet yang bertanding dalam cabang olahraga tertentu dapat melanjutkan kegiatan berwisata begitu pertandingan usai.

"Jika kelima hal tersebut dapat dipersiapkan dengan baik, maka PON XX Papua dapat menciptakan banyak prestasi, kesempatan berekreasi, dan mendatangkan kemanfaatan ekonomi bagi pemerintah dan masyarakat Papua," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini