Gerbang Kuil Zeus Magnesia Ditemukan, Lokasi Ini Kota Terkemuka Zaman Kuno

Ruben Hard Silitonga, Jurnalis · Selasa 28 September 2021 11:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 27 406 2477740 gerbang-kuil-zeus-magnesia-ditemukan-lokasi-ini-kota-terkemuka-zaman-kuno-NFoJybBJkl.jpg Penggalian situs Kuil Zeus di Aydin, Turki (Anadolu Agency via Daily Sabah)

PARA arkeolog menggali gerbang masuk Kuil Zeus Magnesia di distrik Ortaklar di provinsi Aydın, selatan Turki.

Cagar alam Artemis, stadion, area teater, 80 patung dan berbagai barang telah digali di kota kuno tersebut sejauh ini. Penggalian dipimpin oleh Profesor Görkem Kökdemir dari Departemen Arkeologi Universitas Ankara.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Ikonik di Yunani, bak Negeri Dongeng 

Kökdemir mengatakan bahwa Magnesia adalah kota terkemuka di zaman kuno dengan festival keagamaannya yang diadakan di kuil dan tempat suci.

"Kami pikir kuil yang kami temukan di daerah ini sama pentingnya dalam sejarah arsitektur dengan Kuil Artemis terbesar keempat di Anatolia. Ini adalah kuil yang didedikasikan untuk Zeus," katanya kepada Anadolu Agency.

 

Dia mengatakan daerah kuno itu sebelumnya digali oleh orang Jerman yang membawa beberapa potongan Kuil Zeus ke Jerman. Temuan dari penggalian pada periode itu masih dipajang di Museum Pergamon Berlin.

 Baca juga: Istana Berusia 3.500 Tahun Ditemukan, Tempat Tinggal Raja di Musim Panas

"Tahun depan, kami akan mengungkap asal usul struktur yang dipamerkan di museum di Berlin Ini adalah hal yang luar biasa. Sangat penting baik untuk literatur arkeologi maupun pariwisata Jadi, kami sangat bersemangat," pungkas Kökdemir, sebagaimana dilansir dari Daily Sabah, Selasa (28/9/2021).

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini