4 Destinasi Wisata Alam Populer di Garut, yang Mana Favoritmu?

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 28 September 2021 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 27 408 2477662 4-destinasi-wisata-alam-populer-di-garut-yang-mana-favoritmu-vmAsyyJN0N.jpg Tegal Panjang di Gunung Papandayan, Garut, Jawa Barat (Indonesia-Tourism)

GARUT di Jawa Barat memiliki banyak objek wisata alam. Kabupaten yang dijuluki Swiss Van Java ini menjadi salah satu daerah tujuan liburan wisatawan terutama dari Jawa Barat maupun Jakarta.

Garut punya gunung cantik hingga air terjun yang indah. Keasriannya masih terjaga. Keramahan masyarakatnya membuat wisatawan makin nyaman.

Baca juga:  Indahnya Pantai Sayang Heulang, Wisata Ikonik di Garut Selatan

Nah, berikut ini rekomendasi empat destinasi wisata alam populer di Garut yang bisa Anda kunjungi.

1. Gunung Papandayan

Bagi Anda yang menyukai wisata dengan traking yang cukup landai, bisa mencoba datang ke Gunung Papandayan terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Papandayan termasuk gunung api strato.

 Ilustrasi

Gunung Papandayan

Hampir serupa dengan Tangkuban Parahu, Anda bisa melihat kawah bekas letusan gunung dan meninggalkan sebuah lubang besar yang berisikan air.

Baca juga:  Menara Spot Selfie Dibangun demi Percantik Wisata Situ Cangkuang Garut

Selain melihat kawah Anda juga dapat berendam di air panas alami mencapai 30 derajat. Kemudian berkunjung ke hutan mati bisa menjadi spot Instagramable lho.

2. Karacak Valley

Selanjutnya adalah Lembah Karacak wisata alam yang bisa Anda kunjungi di Garut. Lokasinya berada di Jalan Karacak Valley, Margawati, Kabupaten Garut.

Tempat ini merupakan hutan pinus, serta perkebunan kopi. Luas keseluruhannya mencapai 10 hektare.

Selain hutan pinus dan perkebunan kopi, Anda bisa melihat pemandangan gunung Cikuray, terdapat Curug Ngebul hingga berkemah.

3. Situ Bagendit

Situ Bagendit yang lokasinya masuk dalam wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat. Selain dikenal keindahannya, situ atau danau ini menyimpan kisah tentang Nyai Bagendit yang menjelma menjadi lintah berukuran besar.

Konon pada dahulu kala, berasal dari kisah rakyat menyebutkan Nyai Bagendit adalah sosok orang kaya namun sangat pelit terhadap sesama. Akhirnya mendapatkan hukuman karma dan tenggelam di danau ini.

 Ilustrasi

4. Gumuk Pasir Ujung Karang

Gumuk Pasir Ujung Karang namanya. Berlokasi di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut. Jadi objek wisata yang menyenangkan, bagi Anda yang ingin berwisata kawasan ini.

Dikutip dari akun Instagram @infojawabarat, tempat ini sekilas mirip dengan Gumuk Pasir Parangkusumo, Yogyakarta. Namun kini Anda bisa datang ke Garut.

Gumuk Pasir Ujung Karang merupakan asli potensi keindahan yang dimiliki Garut Selatan. Di mana tempat ini belum banyak diketahui orang. Bagi yang sudah berkeluarga, bisa mencoba bermain di sini membawa anak-anak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini