5 Sosok di Balik Destinasi Wisata yang Melejit

Yaomi Suhayatmi, Jurnalis · Selasa 28 September 2021 19:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 28 25 2478268 5-sosok-di-balik-destinasi-wisata-yang-melejit-N7Rr9ecvFx.jpg Foto: Dok.Instagram @museumkataandreahirata

Memperingati Hari Pariwisata Internasional atau ‘World Tourism Day’ yang jatuh pada tanggal 27 September di setiap tahunnya, mengingatkan kita pada tempat wisata #DiIndonesiaAja yang memiliki banyak destinasi pilihan dengan pesona keindahannya.

Selain itu, ada juga taman rekreasi yang menawarkan beragam kegiatan seru, seperti berburu spot foto menarik untuk memperindah tampilan media sosial dan menaiki wahana yang memacu adrenalin. Masih belum cukup?

Ada juga pilihan wisata edukasi di berbagai museum, hingga mengenal satwa di kebun binatang. Tak heran, jika berwisata #DiIndonesiaAja bisa menjadi andalan untuk liburan bersama keluarga maupun teman-teman.

Momen-momen seru ketika berlibur, tentu membuat rindu dan tak sabar untuk memulai petualangan. Eits, sebelum berlibur, pastikan Anda sudah melakukan vaksinasi, ya! Serta tak lupa juga tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan ketika berlibur nanti. Nah, kalau cari referensi seputar liburan menarik dan produk lokal khas destinasi wisata yang ada #DiIndonesiaAja, jangan lupa follow akun Instagram @pesonaid_travel.

Selain mengenal beragam destinasi wisata populer di Indonesia, ada baiknya juga kalau Anda mengenal sosok dibaliknya. Yuk, simak dulu cerita di balik berdirinya destinasi wisata dari para penggagasnya!

1. Andrea Hirata, Museum Kata, Belitung


 

(Foto: Instagram/@museumkataandreahirata)

Berlokasi di Desa Gantong, Pulau Belitung, Museum Kata yang didirikan oleh Andrea Hirata menjadi museum sastra pertama yang ada di Indonesia. Pasalnya, melalui museum ini, Andrea Hirata berharap dapat membagikan semangat para tokoh Laskar Pelangi seperti yang dikisahkan pada buku dan filmnya dalam meraih mimpi, kepada generasi muda Indonesia. Di sini, Anda bisa melihat kata-kata yang erat kaitannya dengan novel Laskar Pelangi.

Selain itu, Anda juga dapat menemukan lebih dari 200 literatur dari berbagai genre. Bukan hanya belajar literasi, tetapi Anda juga dapat mempelajari kebudayaan Belitung, seperti bahasa daerah maupun pengetahuan umum tentang Belitung. Jika nanti Anda berniat berkunjung ke sini, Museum Kata Andrea Hirata beroperasi mulai pukul 10.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Keseruan lain di museum sastra ini yaitu, Anda bisa berburu berbagai spot foto dengan dekorasi bergaya klasik serta warna-warna khas Laskar Pelangi yang membuat museum ini kian cantik. Menawarkan beragam keseruan dan pengetahuan, Museum Kata Andrea Hirata ini tidak memiliki tarif untuk tiket masuk bagi para pengunjungnya. Tak heran, jika Museum Kata Andrea Hirata ini menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib masuk bucket list saat bertandang ke Belitung.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata bak Surga di Belitung, Maldives-nya Indonesia

2. Keluarga Hadi Manangsang, Taman Safari Bogor, Jawa Barat

(Foto: Instagram/nickent.xavier; Instagram/@taman_safari)

Keseruan melakukan safari tour dan melihat kehidupan alami satwa yang berjumlah lebih dari 7500 ekor bisa Anda temui di Taman Safari Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa melihat pertunjukan dan berfoto bersama hewan.

Ditambah dengan udara sejuk pegunungan dengan banyaknya pohon-pohon yang menjulang membuat Taman Safari menjadi tempat andalan untuk berlibur bersama keluarga. Tak heran, jika suaka margasatwa satu ini telah dikenal hingga ke berbagai negara di Kawasan Asia Tenggara.

Di balik melejitnya nama Taman Safari Indonesia, ada keluarga Hadi Manangsang yang berjasa. Pasalnya, Hadi Manangsang beserta ketiga anaknya, yaitu Jansen Manangsang, Frans Manangsang, dan Tony Sumapau, yang ia juluki sebagai tiga macan ini lah yang memiliki ide membuat konservasi hewan.

Saat itu, Indonesia tengah dilanda krisis dalam menghidupi satwa, keluarga Hadi Manangsang yang memiliki mimpi untuk mengembangbiakan satwa, kemudian mengajukan ide untuk membuat suaka margasatwa di lahan perkebunan teh yang sudah tidak aktif di Cisarua, Bogor. Konsep safari yang disetujui oleh Pemerintah ini terinspirasi saat mereka tengah melakukan pengobatan di Australia.

Hingga akhirnya, di tahun 1980 terbentuklah Taman Safari Indonesia. Kini, Jansen Manangsang menjabat sebagai direktur Taman Safari Indonesia.

Sosok keluarga Hadi Manangsang sendiri awalnya merupakan seorang pemain akrobat keliling di pinggir jalan dengan nama Bintang Akrobat dan Gadis Plastik. Mereka pun kerap berinovasi dengan mengundang artis dan menghadirkan hewan, hingga memiliki tenda pertunjukan sendiri dan mengubah namanya menjadi Oriental Circus Indonesia. Sejak saat itulah, keahlian untuk merawat satwa mulai ada.

Kini, Taman Safari Indonesia tidak hanya berada di Puncak, Bogor, namun Anda juga dapat mengunjungi cabang Taman Safari lainnya yang berada di Kabupaten Batang, Jawa Tengah; Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur; hingga Bali. Konservasi satwa yang dilakukan pun telah merambah hingga hewan laut yang dapat dikunjungi di Batang Dolphins Center dan Jakarta Aquarium. Dengan adanya Taman Safari Indonesia, keluarga Manangsang berharap masyarakat menjadi lebih peduli pada lingkungan hidup.

3. Perry Tristianto, The Great Asia Africa, Bandung, Jawa Barat

(Foto: Instagram/@perrytristianto; Instagram/@thegreatasiaafrica.id)

Suasana sejuk perbukitan di Lembang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, menjadi daerah yang kerap dipilih wisatawan untuk melepas penat setelah menjalani padatnya rutinitas. Tidak hanya dikenal dengan udaranya yang menyegarkan, Lembang juga memiliki banyak destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Pasalnya, berbagai destinasi wisata di Lembang ini menawarkan kuliner khas, seperti Tahu Susu Lembang, Susu Lembang, serta olahan susu lainnya.

Selain itu, tempat liburan yang ada di Lembang juga memiliki berbagai spot foto menarik yang dapat mempercantik feed media sosial Anda. Sebut saja, seperti Rumah Sosis, Farm House, Floating Market, dan The Great Asia Africa. Ada juga De’Ranch yang dapat memberikan pengalaman wisatawan dengan hewan kuda. Lengkapnya pilihan destinasi wisata di Lembang tersebut, digagas oleh Perry Tristianto yang merupakan warga asli Bandung.

Pria kelulusan Stamford College Singapore ini dikenal dengan usahanya menjalani Factory Outlet (FO) dari The Secret, The Summit, dan Hijab Story. Ia mulai merambah usaha pariwisata yang berawal dari De’Ranch, lalu Floating Market, Farm House, dan terakhir The Great Asia Africa yang dibuka pada akhir tahun 2019 lalu.

Pembukaan The Great Asia Africa pun mendapatkan respon baik dari masyarakat. Pasalnya, pada destinasi wisata yang satu ini tidak hanya menyajikan spot foto yang Instagramable, The Great Asia Africa juga mengenalkan keberagaman budaya dari negara-negara yang ada di benua Asia dan Afrika, mulai dari bangunan khas yang dapat dijadikan latar foto, mencoba pakaian khas dari berbagai negara, sampai mencicipi beragam wisata kuliner yang disajikan. Bukan hal yang aneh, jika The Great Asia Africa kerap menjadi destinasi favorit oleh para pengunjung.

4. Putranto Cahyono, Svarga Bumi Borobudur, Jawa Tengah

(Foto: YouTube/Ganjar Pranowo; Instagram/@svargabumi)

Baru dibuka pada 8 Agustus 2020 lalu, Svarga Bumi Borobudur sempat menghebohkan warganet. Pasalnya, destinasi wisata yang berlokasi di area Candi Borobudur, Magelang ini, menawarkan spot foto yang instagramable di area persawahan dengan luas sekitar 3 hektare.

Dengan dominasi warna putih, berlatar persawahan, dan dapat melihat megahnya Candi Borobudur, menjadi keistimewaan tersendiri dari Svarga Bumi Borobudur ini. Ide cemerlang yang memanfaatkan lahan sawah ini salah satunya digagas oleh Putranto Cahyono.

Uniknya, para petani dari area persawahan ini pun masih bisa beraktivitas seperti biasa. Bahkan, lahan yang digunakan juga tidak diubah. Dari keistimewaan ini lah membuat Svarga Bumi Borobudur menjadi destinasi wisata andalan baru yang ada di Magelang.

5. Paul Sastro Sendjojo, Jatim Park Group, Jawa Timur


(Foto: Instagram/@jawatimurpark; Instagram@jatimparksatu)

Jika bertandang ke Kota Batu di Malang, Jawa Timur, tampaknya kurang lengkap jika belum mengunjungi Jatim Park Group yang terdiri dari, Jatim Park 1, 2, dan 3, dengan beragam atraksi wisata seperti Batu Night Spectacular, Museum Tubuh, Eco Green Park, serta Museum Angkut. Ya, destinasi wisata yang memiliki konsep rekreasi sambil belajar ini digagas oleh Paul Sastro Sendjojo yang merupakan pemilik Jatim Park Group.

Hal ini berawal dari keprihatinan Paul Sastro Sendjojo dengan kurangnya lokasi wisata yang ada di Kota Batu. Padahal menurutnya, Kota Batu yang dikelilingi pegunungan dengan cuaca sejuk ini bisa menjadi tempat yang pas untuk berekreasi.

Dari situlah ia ingin membangun destinasi wisata yang bisa dijadikan sebagai tempat rekreasi serta belajar ilmu pengetahuan umum, hingga budaya lokal. Terbentuklah Jatim Park 1 yang didirikan sejak 2001 silam.

Pada Jatim Park 1, Anda dapat bermain berbagai wahana yang berhubungan dengan saintek yang terdapat di Museum Tubuh. Ada juga wahana waterboom dan museum untuk mempelajari kebudayaan lokal Indonesia.

Setelah itu, pengunjung bisa belajar mengenal satwa di Museum Satwa dan Batu Secret Zoo yang terdapat di Jatim Park 2. Keseruan lainnya juga bisa didapatkan saat mengunjungi Jatim Park 3 dengan wahana Dino Park, The Legend Star Park, Funtech Plaza, Museum Musik Dunia, dan Milenial Glow Garden.

Dengan banyaknya ragam pilihan atraksi yang ditawarkan, membuat Jatim Park Group menjadi tempat liburan favorit saat bertandang ke Kota Batu. Bagi Anda yang penasaran, jangan lupa memasukkan Jatim Park Group pada wish list yang akan dikunjungi nanti, ya!

Karena gagasan dari para pendiri destinasi wisata tersebut, kegiatan berlibur kita di berbagai daerah semakin seru dan mengasyikkan. Di masa PPKM ini, jika masih ingin berada #DiRumah, Anda dapat melakukan liburan secara virtual yang juga berguna menekan laju penyebaran virus Covid-19 agar tidak semakin meluas.

Meski liburan virtual, Anda juga bisa merasakan sensasi seperti liburan sungguhan dengan #BeliKreatifLokal oleh-oleh khas daerah secara online melalui platform e-commerce kesayangan Anda. Tak hanya itu, Anda juga bisa mempersiapkan outfit keren dari para pelaku ekonomi kreatif yang ada #DiIndonesiaAja untuk berlibur nanti.

(Foto: Instagram/@sandiuno)

Semangat pariwisata dengan mendukung para pelaku usaha wisata ini harus tetap ada. Pasalnya, pariwisata menjadi salah satu sektor yang dapat membantu pertumbuhan ekonomi. Menparekraf juga berharap agar para pelaku pariwisata dapat terus berinovasi, beradaptasi, dan berkolaborasi untuk menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi di masa yang akan datang.

“Ini yang harus kita sadari sebagai realita baru, untuk mencetak peluang-peluang baru di tengah pandemi. Untuk itu, inovasi, adaptasi, dan kolaborasi adalah kunci utama kita dalam menghadapi dinamika yang terus terjadi,” kata Sandiaga Uno.

Demi kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia, jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan 6M dan mengikuti vaksinasi yang tengah digalakkan oleh Pemerintah, ya! Hal ini untuk membentuk kekebalan tubuh agar dapat melawan virus Covid-19 serta melindungi orang-orang di sekitar Anda.

Meski #DiRumahAja, Anda bisa melakukan beragam hal bermanfaat lainnya, salah satunya dengan mengikuti kuis PUKIS atau Pesona Punya Kuis yang diadakan pada hari Selasa di setiap pekannya. Cara mengikutinya pun mudah, pertama Anda dapat mem-follow akun Instagram @pesonaid_travel dan like unggahan PUKIS terbaru. Lalu jawab pertanyaan yang diberikan melalui kolom komentar. Mention juga tiga teman Anda untuk memeriahkan kuis ini.

Bagi Anda yang mengikuti kuisnya, akan ada beragam hadiah untuk para pemenang. Jangan sampai ketinggalan, ya!

CM

(yao)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini