Tragis! Gadis Cilik Tewas Terlempar dari Roller Coaster

Salwa Izzati Khairana, Jurnalis · Rabu 29 September 2021 10:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 28 406 2478299 tragis-gadis-cilik-tewas-terlempar-dari-roller-coaster-5qzvL0TC08.JPG Wahana roller coaster (Foto: EPA)

SEORANG gadis cilik meninggal dunia setelah terlempar dari wahana roller coaster di sebuah taman hiburan di Colorado, Amerika Serikat.

Penyebab kecelakaan diduga petugas tidak mengikat sabuk pengaman bocah malang itu dengan benar. Menurut laporan terbaru, kecelakaan tragis ini murni kelalaian petugas wahana Glenwood Caverns Adventure Park.

Berdasarkan hasil penyelidikan, diketahui bahwa sabuk pengaman tidak diikat dengan aman sesuai SOP keselamatan saat wahana ekstrem itu dioperasikan.

Divisi Minyak dan Keamanan Publik Colorado merilis laporan dengan mengungkapkan secara rinci insiden tersebut. Peristiwa ini terjadi pada 5 September 2021 lalu sekitar pukul 19.15 di wahana Haunted Mine Drop.

Baca juga: Roller Coaster Tertinggi di Dunia Ini Siap Meluncur

Menurut laporan New York Post, seorang gadis berusia 6 tahun bernama Wongel Estifanos itu meninggal setelah terjatuh dari wahana. Perjalanan wahana Haunted Mine Drop mengangkut enam orang sekaligus dan menuruni sebuah poros 110 kaki di bawah tanah.

Kursi korban tidak diamankan dengan benar. Operator perjalanan tampaknya tidak menyadari bahwa gadis itu duduk di atas sabuk pengamannya dan tidak diikat dengan aman.

Begitu sistem wahana memberikan bunyi peringatan kepada operator mengenai masalah yang terjadi, mereka diduga melakukan beberapa langkah yang salah. Dan mengirim wahana setelah menyetel ulang monitor sabuk pengaman.

Beberapa hari setelah kejadian, pejabat negara memeriksa perjalanan dan memastikan bahwa wahana itu beroperasi dalam keadaan baik.

Laporan penyelidikan menyimpulkan bahwa operator tidak mempersiapkan perjalanan wahanan itu dengan benar sebelum mengizinkan penumpang untuk naik.

Sabuk pengaman telah ditekuk selama perjalanan sebelumnya saat kursi kosong dan sabuk itu belum dilepas saat perjalanan kembali ke stasiun.

Mereka juga melanggar Amusement Ride and Devices Regulations dengan tidak mengikuti prosedur operasi sesuai standar.

Hasil laporan itu juga menyatakan bahwa buku pegangan pengoperasian wahana tidak cukup mengajarkan operator tentang cara menangani kesalahan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini