Share

Suasana Mencekam Pesawat Jatuh Bebas & Tersambar Petir, Penumpang Ucapkan Selamat Tinggal

Anisa Suci Maharani, Jurnalis · Rabu 29 September 2021 11:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 29 406 2478441 suasana-mencekam-pesawat-jatuh-bebas-tersambar-petir-penumpang-ucapkan-selamat-tinggal-PwSRAadqtq.JPG Ilustrasi (Foto: Instagram/@flightsimulator.br)

INSIDEN mengerikan dialami pesawat Azure Air Boeing 737-900 Rusia. Pesawat yang mengangkut 175 penumpang itu sempat jatuh bebas dari ketinggian ribuan kaki saat mendekati resor Laut Hitam Sochi, di barat daya Rusia.

Beruntung, pesawat yang bertolak dari Ekanterinberg pada Sabtu pekan lalu itu berhasil melakukan pendaratan darurat di Krasnodar, sekitar 180 mil sebelah utara Sochi. Seluruh penumpang dilaporkan selamat.

Melansir Mirror, insiden itu dipicu oleh turbulensi akibat badai hebat. Sebuah video merekam momen dampak turbulensi setelah pesawat tersambar petir.

“Botol dan barang kecil lainnya berserakan di seluruh kabin, kemudian petir menyambar kami, ada ledakan keras dan kilatan terang,” ujar seorang penumpang.

Ajaibnya, pilot berhasil mengendalikan pesawat itu dan melakukan pendaratan darurat yang sehingga tidak jatuh korban.

Infografis Turbulensi Pesawat

“Semua orang terkejut, seorang wanita di samping saya sedang membuat tanda salib, saya ingat semua doa yang saya tahu,” ucap seorang turis bernama Anna.

Sementara penumpang lainnya Anastasia, menggambarkan momen mengerikan saat pesawat menembus awan cumulonimbus dan seketika tersambar petir.

"Cahaya kilat terlihat jelas," kata dia.

"Orang-orang berteriak dan menangis ketika pesawat terjun dan berguncang," sambungnya.

Seluruh penumpang pasrah dan sempat mengucapkan selamat tinggal. Tak lama kemudian pilot tiba-tiba saja berhasil mengendalikan pesawat dan kembali naik ke ketinggian.

Tak lama kemudian pesawat melakukan pendaratan darurat di Krasnodar. Penumpang awalnya tidak diberitahu jika pesawat telah mendarat darurat di bandara yang salah. Pesawat itupun tidak dapat melanjutkan perjalanan ke Sochi.

Meski demikian, penumpang tetap bersyukur karena mereka berhasil selamat dari maut. Beberapa penumpang bahkan memberi standing applause kepada awak pesawat khususnya captain pilot yang dengan heroik mendaratkan pesawat yang nyaris berakhir tragis itu.

Beberapa penumpang sempat meminta bertemu pilot untuk selfie sebagai bentuk penghargaan kepadanya namun ditolak secara profesional.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini