Banyak Bola Api Muncul di Langit Pantai, Fenomena Apa?

Anisa Suci Maharani, Jurnalis · Kamis 30 September 2021 01:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 29 406 2478825 banyak-bola-api-muncul-di-langit-pantai-fenomena-apa-1tpA9N0Fys.jpg Ilustrasi bola api (NASA)

SEDIKITNYA lima bola api dilaporkan terlihat di Amerika Serikat pekan lalu. NASA Meteor Watch mengumumkan bahwa ada banyak laporan tentang bola api yang meluncur di langit, pada Jumat 24 September 2021 malam.

Keterangan ini tertulis dalam postingan di akun Facebook resmi Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat tersebut.

Baca juga:  Geger Cahaya Terang di Langit Dikira UFO, Eh Ternyata....

Melansir dari Fox News, Rabu (29/9/2021), sebanyak delapan puluh saksi mata mengaku melihat peristiwa tersebut yang terjadi di atas pantai Carolina Utara, Amerika Serikat, pada Jumat malam lalu pukul 19.40 waktu setempat.

“Menurut analisis, meteor itu meluncur di pantai North Carolina menjadi terlihat 48 mil di atas lautan lepas Camp Lejeune. Kemudian bergerak ke timur laut dengan kecepatan 32.000 mil per jam. Meteor itu hancur 28 mil di atas Morehead City, setelah melakukan perjalanan sejauh 26 mil melalui Bumi,” tulis NASA.

 

Namun, badan tersebut mencatat banyak ketidakpastian dalam lintasan karena semua pengamat berada di sebelah barat bola api.

American Meteor Society mengatakan menerima 151 laporan tentang bola api yang terlihat di Maryland, North Carolina, South Carolina dan Virginia. Bola api muncul di langit pada malam yang sama.

Baca juga:  Meteor Meledak di Langit Norwegia, Munculkan Cahaya & Gemuruh Mengerikan

Menurut Center for Near Earth Object Studies (CNEOS) NASA, bola api adalah meteor yang sangat terang yang mencapai magnitudo visual -3. Lebih terang ketika dilihat di puncak pengamat dan area yang sangat luas.

Saksi melihat bola api jauh lebih jarang di siang hari daripada di malam hari. Objek biasanya tidak utuh saat melewati atmosfer bumi.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini