Heboh Bocah Nyaris Buka Pintu Darurat Pesawat saat Terbang

Anisa Suci Maharani, Jurnalis · Kamis 30 September 2021 08:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 30 406 2479076 heboh-bocah-nyaris-buka-pintu-darurat-pesawat-saat-terbang-If2EcUB8zw.JPG Ilustrasi (Foto: Essentialtravel)

GEGARA ulah anak kecil, pesawat menuju Batam terpaksa berhenti di luar jadwal. Diketahui, bocah yang lepas dari pengawasan orangtua itu berusaha membuka pintu darurat di tengah penerbangan .

Captain pilot maskapai Citilink QG944 rute Jakarta-Batam akhirnya langsung mengambil tindakan pencegahan dengan mendaratkan pesawat setelah insiden pada Senin 27 September 2021 tersebut.

Pesawat tersebut melakukan pemberhentian tak terjadwal di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang pada pukul 16.05 WIB.

“Awak kabin segera meminta penjelasan dari orangtua anak tersebut. Orangtua juga diminta untuk membuat pernyataan kepada pihak berwenang di Sultan Mahmud Badaruddin II,” kata Corporate Secretary and CSR VP Citilink, Diah Suryani dalam keterangan yang dipublikasikan kemarin.

Baca juga: Pesawat Citilink Rute Jakarta-Batam Mendarat Darurat di Palembang

Pihak maskapai mengatakan, anak yang duduk di kursi nomor 11 itu diduga lepas dari pengawasan orangtua sehingga bisa mencapai pintu darurat dan mencoba untuk membuka tuas emergency exit.

Anak-anak di bawah usia 12 tahun untuk sementara tidak diizinkan melakukan perjalanan domestik antar provinsi, kabupaten atau kota. Tetapi anak ini telah menerima izin khusus.

Belum ada laporan mengenai sanksi untuk orangtua si anak tersebut. Pesawat akhirnya mendarat di Batam pada pukul 19.52 WIB.

Kejadian serupa pernah terjadi pada akhir 2019. Seorang pria yang menderita serangan panik dan mencoba membuka pintu penerbangan British Airways. Tindakannya segera dihentikan oleh sesama penumpang, termasuk saudara dari petinju Dillian Whyte.

Pria itu berteriak “Saya ingin keluar,” dan pergi ke pintu.

Menurut Insider, fisik seseorang tidak mungkin bisa membuka pintu selama penerbangan. Aada sekitar 24.000 pon tekanan di bagian luar pintu ketika pesawat berada pada ketinggian jelajah sekitar 36.000 kaki.

Tapi fakta tersebut tidak menghentikan orang untuk mencoba. Seorang pria mencoba membuka pintu pada penerbangan Delta dari Los Angeles ke Atlanta pada Juni tahun ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini