Terungkap! Ini Angka-Angka Sial yang Dihindari oleh Maskapai Penerbangan

Anisa Suci Maharani, Jurnalis · Jum'at 01 Oktober 2021 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 30 406 2479438 terungkap-ini-angka-angka-sial-yang-dihindari-oleh-maskapai-penerbangan-atquareVVl.jpg Pintu darurat pesawat (Shanghaiits)

SEORANG penumpang maskapai Ryanair telah mengguncang internet setelah dia menemukan hal aneh saat berada di pesawat. Menurut pria bernama Tom Cotter, itu tidak hanya ada pada maskapai penerbangan berbiaya rendah.

Tom Cotter tercengang saat menyadari bahwa tidak ada baris 13 dalam penerbangannya. Baris 12 melompat ke baris 14.

Baca juga:  Pesawat Ini Dipaksa Mendarat Darurat demi Menangkap Jurnalis Kritis

Melansir dari The Sun, Jumat (30/9/2021), Tom membagikan foto di media sosial, dia menulis “Aneh bagaimana tidak ada baris 13 di penerbangan Ryanair. Mengapa tidak? Takhayul? Tentunya tidak!”

Sementara juru bicara Ryanair sebelumnya mengatakan bahwa itu adalah tradisi manufaktur Amerika, yang juga diterapkan di maskapai lain.

 

Maskapai Air France dan Iberia juga tidak memiliki baris 13, sementara beberapa maskapai penerbangan tidak memiliki baris 17. Lufthansa adalah salah satu maskapai yang tidak memiliki baris 13 atau 17.

Kenapa menghilangkan angka 13 dan 17? ternyata hal ini berkaitan erat dengan takhayul.

Baca juga: Mengerikan! Pesawat Terjun Ratusan Kaki lalu Disambar Petir, tapi Semua Penumpang Selamat

Angka 13 dianggap sial di sebagian besar budaya barat, serta memiliki sejumlah konotasi negatif, termasuk Yudas, yang mengkhianati Yesus, menjadi orang ke-13 yang bergabung dengan meja di Perjamuan Terakhir.

Namun angka 17 juga sial bagi sebagian orang karena jika dilihat sebagai angka romawi XVII, anagramnya VIXI secara kasar berarti hidupku sudah berakhir dalam bahasa Latin.

Lufthansa menjelaskan di situs web mereka: “Dalam beberapa budaya, angka 13 dianggap sial. Kami menghormati takhayul. Dengan begitu, tidak ada orang yang menganggap angka 13 sial harus duduk di baris itu.”

“Di beberapa negara, misalnya Italia dan Brasil, tipikal angka sial adalah 17 dan bukan 13. Melihat Lufthansa menyambut banyak penumpang internasional, kami mempertimbangkan kepercayaan budaya tertentu ini,” tutur pihak Lufthansa .

 Ilustrasi

Ini bukan satu-satunya nomor sial yang harus dilewatkan. United Airlines Polaris juga tidak memiliki baris 13 atau 14, dengan baris 14 dianggap sial di China karena terdengar seperti “akan mati” dalam bahasa China.

Bukan hanya maskapai penerbangan yang menghindari nomor 13, beberapa hotel dan kapal pesiar juga tidak memiliki dek atau lantai 13.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini