Bisa Membunuh Manusia, Ikan Predator Mematikan Berhasil Ditangkap untuk Pertama Kali

Nindi Widya Wati, Jurnalis · Jum'at 01 Oktober 2021 01:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 30 406 2479475 bisa-membunuh-manusia-ikan-predator-mematikan-berhasil-ditangkap-untuk-pertama-kali-qEC6fkJhPb.jpg Ikan lionfish (The Bocas Breeze)

SEEKOR ikan mematikan yang mampu melumpuhkan bahkan membunuh manusia ditangkap di pantai Chesil, Dorset, Inggris untuk pertama kalinya di negara itu. Ikan Lionfish tersebut ditangkap oleh seorang pemancing bernama Arfon Summers (39).

Arfon Summers mengatakan, lionfish yang terjerat pancingnya panjangnya 6 inci dan memiliki 13 duri beracun. Sengatannya dapat menyebabkan kelumpuhan, membunuh targetnya, atau menimbulkan rasa sakit dan muntah yang luar biasa.

Baca juga: Pecah Rekor, Nelayan Ini Tangkap Hiu Monster Raksasa Usai 1 Jam Bergulat

“Pikiran saya terpesona, seekor lionfish memang paling baik jika di lepas ke pantai. Lautan adalah tempat yang hangat untuk rumahnya. Saya tidak membiarkannya pergi karena itu adalah spesies invasif," kata Summers seperti dilansir dari The Sun, Kamis (30/9/2021).

Summers menjadikan ikan sebagai umpan pancing untuk menangkap lionfish. Ayah Summers, Bill (75) bersyukur anaknya tak disengat ikan pembunuh tersebut.

 

“Saya senang ikan itu tidak menyengatnya. Itu pasti membuatnya menjadi pemegang rekor Inggris jika tidak ada orang lain yang menangkapnya,” katanya.

Lionfish adalah ikan lokal di Pasifik Selatan dan Samudra Hindia, tetapi telah menyebar ke Mediterania di mana mereka memusnahkan spesies asli.

Baca juga: Ikan Aneh Bergigi Mirip Manusia Gegerkan Pengunjung Pantai, Begini Wujudnya!

Ahli biologi kelautan takut jika Arfon Summers, dari Hengoed, Caerphilly, menangkap satu ekor lionfish yang mungkin telah melakukan perjalanan ke Inggris setelah jauh dari Italia.

Mereka mengatakan juga mungkin ikan yang dijual dengan harga lebih dari £ 200 di Inggris - mungkin telah disimpan di akuarium dan dibuang di laut.

Pakar lionfish terkemuka Jason Hall-Spencer, dari Plymouth University, mengatakan: “Predator ini dapat memberikan sengatan yang jahat dan dapat membunuh. Sangat mudah tersengat jika Anda berenang atau snorkeling. Jika didekati, mereka menjulurkan durinya seperti landak dan jika berkelompok mereka akan mengeroyok bersamaan."

Pada airnya cukup hangat, lionfish bisa berenang dari Mediterania Barat. Jika iya, itu berarti kemungkinan akan ada lebih banyak lagi dan itu bisa memiliki konsekuensi besar bagi spesies asli kita.

 Ilustrasi

Lionfish adalah predator penyergap nokturnal dan berbaring tak bergerak, tersembunyi di antara rumput liar atau batu. Mereka tumbuh hingga dua kaki, dan dapat pula untuk dimakan rasanya mirip dengan lobster.

Nevin Hunter, koordinator kelautan di Angling Trust, mengatakan: “Sebuah sengatan akan dengan mudah membunuh manusia. Maka, kami mengimbau semua nelayan untuk selalu waspada.”

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini