Sandiaga Uno Ingin Pempek Palembang Tembus Pasar Internasional

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 01 Oktober 2021 18:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 01 406 2479633 sandiaga-uno-ingin-pempek-palembang-tembus-pasar-internasional-gTKYWoktdH.JPG Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: Instagram/@sandiuno)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mendorong para pelaku kuliner pempek khas Palembang, Sumatera Selatan, agar dapat memperkuat produknya dari sisi kreativitas, inovasi, dan kolaborasi, demi memperluas pasar. Sehingga, pasar yang dijangkau tak hanya domestik namun juga pasar global.

Kuliner satu ini berbahan dasar ikan, apabila digoreng kering dan renyah, akan sangat gurih jika dipadukan dengan kuah saus hitam atau yang biasa disebut cuko. Sehingga pempek dapat merepresentasikan cita rasa kuliner khas Nusantara, dan bisa go internasional.

Sandiaga mengatakan, Kota Palembang mengingatkannya dengan pempek, Sungai Musi, dan Jembatan Ampera. Oleh karena itu perlu dikembangkan, dan menjadi ikon kota tersebut.

Baca juga: Pempek Keriting Palembang Gurihnya Bikin Lidah Bergoyang, Begini Resepnya

Sandiaga Uno Masak Pempek Palembang

(Foto: MNC Media)

"Ini yang harus kita kembangkan kreativitas dan inovasi untuk mengambil peluang menjadi pemenang," ujar Sandiaga dalam keterangan resminya dalam Workshop Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif, di Taman Wisata Kerajaan Sriwijaya, Palembang.

Selain pempek, Kota Palembang juga terkenal dengan kuliner khas lainnya seperti pindang, tekwan, laksan, dan burgo.

Ragam kuliner dengan kearifan lokal ini menunjukkan subsektor kuliner Palembang sangat potensial dan harus dikembangkan.

"Oleh karena itu, diperlukan kolaborasi dengan seluruh stakeholders terkait," terangnya.

Menurut Sandiaga, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terus berkomitmen mendukung dan memfasilitasi para pelaku ekonomi kreatif melalui berbagai program dan kegiatan. Salah satunya melalui kehadiran Workshop Pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif di Palembang.

"Kita harapkan ini akan menjadi sinyal kebangkitan UMKM khususnya di subsektor ekonomi kreatif kuliner, kriya, dan fesyen. Sehingga bukan hanya pempek yang dikenal di Palembang tetapi produk ekonomi kreatif juga dapat menjadi unggulan, agar pariwisata dan ekonomi kreatif di Palembang segera bangkit dengan membuka lapangan kerja seluas-luasnya," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini