Jadi Tuan Rumah PON XX, Ini Referensi Wisata Pantai di Kabupaten Jayapura

Yaomi Suhayatmi, Jurnalis · Sabtu 02 Oktober 2021 08:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 02 25 2480143 jadi-tuan-rumah-pon-xx-ini-referensi-wisata-pantai-di-kabupaten-jayapura-x87Nj5vxAZ.jpg Pantai Tablanusu Foto: Instagram @Assomyron

Provinsi Papua, saat ini semakin menyedot perhatian publik karena menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang diselenggarakan pada tanggal 2-15 Oktober 2021. Adanya pergelaran PON XX Papua, menjadi peluang untuk meningkatkan ekonomi dan mendorong pertumbuhan pariwisata di daerah tersebut. Kabupaten Jayapura yang merupakan salah satu klaster PON XX, memiliki beberapa spot wisata pantai yang bisa Anda kunjungi nanti. Nah, bagi Anda yang membutuhkan lebih banyak informasi seputar destinasi wisata menarik di Papua, yuk follow akun Instagram @pesonaid_travel!

Demi kesehatan dan kenyamanan bersama, jika ingin berkunjung ke Papua, pastikan daerah yang akan dikunjungi berada dalam PPKM level rendah, ya! Jangan lupa juga untuk tetap mematuhi protokol kesehatan 6M serta segera lakukan vaksinasi Covid-19, karena keselamatan kita bersama adalah prioritas utama.

Bagi Anda yang tertarik dengan wisata pantai, berikut referensi spot wisata pantai di Kabupaten Jayapura, yang bisa Anda masukkan dalam bucket list perjalanan wisata Anda. Yuk, disimak!

1. Pantai Tablanusu

 

Foto Instagram : @regis_tha

Pantai Tablanusu merupakan pantai eksotis dengan batu koral hitam di garis pantainya. Berlokasi di Kecamatan Depapre, Kabupaten Jayapura, Papua, dengan jarak sekitar 60 km dari Kota Jayapura atau 2 jam perjalanan jika mengendarai mobil. Kata Tablanusu berasal dari dua kata yaitu Tepara yang berarti suku penduduk setempat dan Onusu yang berarti terbenamnya matahari.

Panorama hijau dari deretan pepohonan di tepi pantai yang memesona dan menyegarkan mata. Selain itu, udara dan laut yang bersih, serta barisan pegunungan bikin hati terasa damai, tenang, dan nyaman. Sambil menikmati suasana pantai, jangan lupa siapkan kudapan bagea khas Papua. Bisa juga Anda dapatkan dengan #BeliKreatifLokal secara daring di @nit.yasa.

2. Pantai Pasir Enam

 

Foto. Instagram @dannysatria58

Keindahan alam di tanah Papua memang tidak perlu diragukan lagi. Kabupaten Jayapura juga memiliki objek wisata Pantai Pasir Enam. Pemandangan lautan biru dan keindahan alamnya akan membuat Anda kagum.

Pantai Pasir Enam adalah pantai alami yang memiliki pasir berwarna putih. Suasana di pantai ini sangat cocok bagi wisatawan yang mencari ketenangan. Apalagi latar belakang pantai ini juga berupa perbukitan.

Meski garis pantainya tidak terlalu panjang, ombak di pantai ini cukup besar. Bagi Anda yang belum mahir berenang, sebaiknya jangan berenang di pantai ini, ya! Masih banyak aktivitas lain yang dapat dilakukan, seperti bersantai di tepi pantai sambil menikmati roti abon gulung khas Papua yang lezat. Untuk pesan daring langsung saja ke @click.papua.

3. Pantai Sinokisi

 

Foto. instagram @yaomi_suhayatmi

Pantai Sinokisi adalah pantai yang terletak di Distrik Yokari, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua. Garis pantai ini memiliki bentuk melengkung seperti busur panah. Pantai ini dapat diakses menggunakan speed boat atau perahu.

Pasirnya yang putih, air berwarna hijau kebiruan, dan suasana yang masih sepi, membuat siapa pun yang datang akan betah berlama-lama. Tersedia juga pondok di pinggir pantai, tapi bila ada yang ingin bermalam, warga siap membantu dengan memberikan tempat bermalam, lengkap dengan kamar mandi. Selain itu, di pantai yang indah dan suasana yang tenang, wisatawan juga dapat dengan mudah menikmati kuliner khas Pantai Sinokisi, seperti papeda dengan kuah ikan segar, dan kelapa muda yang juga disediakan warga.

Ada terumbu karang di sisi kanan pantai yang menyerupai teluk. Lautan yang bersih dengan keberagaman terumbu karangnya, cocok bagi Anda yang hobi diving. Untuk menambah kenikmatan, kudapan khas Papua yaitu kue lontar jangan sampai Anda lewatkan untuk menemani aktivitas liburan di pantai. Anda juga bisa #BeliKreatifLokal kue lontar secara daring di @lontar_papua.

4. Pantai Harlem

 

Foto. Instagram @eryck.alviero

Pantai Harlem adalah salah satu obyek wisata yang terletak di Kabupaten Jayapura, Papua. Suasana di tempat itu sangatlah teduh, disertai hembusan angin yang pelan, membuat badan dan pikiran terasa segar. Terdapat banyak pohon kelapa, bintanggur, dan sagu yang tumbuh di tepi pantai.

Di Harlem, warga setempat menyediakan berbagai fasilitas bagi pengunjung, antara lain lima pondok dan empat kamar mandi untuk berganti pakaian. Selain bersih dan masih sepi, Harlem juga memiliki sebuah kolam air tawar yang berjarak sekitar 7 meter dari bibir pantai. Di kolam yang berair sangat jernih itu terdapat beberapa jenis ikan. Berdasarkan penuturan warga sekitar, kolam itu terbentuk secara alami pada ratusan tahun lalu.

Menikmati wisata pantai ini kurang lengkap jika belum menikmati santapan kuliner khas Papua yakni papeda. Dapatkan papeda secara daring dengan mengunjungi media sosial pelaku usahanya yaitu @warungpapedasalatiga.

Itulah referensi wisata pantai jika nanti Anda berlibur ke Kabupaten Jayapura. Anda bisa membuat wish list tujuan wisata Anda ke Kabupaten Jayapura sambil menunggu kondisi membaik, ya!

Anda juga tetap harus disiplin protokol kesehatan saat berlibur nanti demi mencegah penyebaran virus Covid-19 serta percepatan pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno menyatakan bahwa perhelatan Pekan Olah Raga Nasional (PON) XX 2021 di Papua diharapkan mampu memberdayakan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan warga lokal. Ia mengajak segenap atlet, official, dan sejumlah tamu yang hadir di gelaran PON XX Papua untuk membeli produk lokal Bumi Cenderawasih.

"Ini adalah momentum bagi Papua dan Indonesia untuk mendorong pertumbuhan wisata, pemerataan pembangunan Papua, dan titik balik kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif di Papua," jelas Sandiaga.

Menparekraf mengungkapkan adanya pandemi Covid-19 memperlihatkan betapa gigihnya masyarakat Indonesia, terutama pelaku ekonomi kreatif untuk berkolaborasi, berinovasi, dan disiplin mengimplementasikan aspek #InDOnesiaCARE pada sektor pariwisata di masa pandemi Covid-19 ini.

Sambil mempersiapkan wish list liburan ke Kabupaten Jayapura, Anda bisa mengikuti Pesona Punya Kuis atau PUKIS yang diadakan pada hari Selasa di setiap pekan. Caranya sangat mudah! Anda tinggal follow akun Instagram @pesonaid_travel dan like unggahan PUKIS terbaru.

Kemudian, jawablah pertanyaan yang diberikan melalui kolom komentar. Jangan lupa mention tiga teman Anda untuk ikut memeriahkan kuis ini, ya! Buat Anda yang beruntung bisa memenangkan beragam hadiah menarik, lho! Yuk, buruan ikutan!

(CM)

(FDA)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini