Kisah Manusia Troli di Kawah Ijen

Salwa Izzati Khairana, Jurnalis · Sabtu 02 Oktober 2021 18:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 02 406 2480197 kisah-manusia-troli-di-kawah-ijen-vxD8wmQ0OM.jpg Kehadiran ojek troli di Kawah Ijen, Banyuwangi, sangat membantu wisatawan (Foto yukbanyuwangi.co.id)

KAWAH Ijen di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur salah satu destinasi wisata favorit bagi turis domestik maupun mancanegara.

Dengan pemandangan yang menakjubkan dan udara sejuk, banyak orang tertarik berkunjung.

Fenomena blue fire atau api biru yang muncul di Kawah Ijen diburu banyak wisatawan. Mereka rela bermalam di gunung demi melihat fenomena langka yang hanya ada dua dunia tersebut. Namun, Anda bisa menyewa ojek troli jika tak kuat berjalan kaki.

Baca juga:  Pesona Kawah Ijen, Blue Fire hingga Pesona Alam Memukau

Bila Anda ingin menyaksikan keindahan blue fire, waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah sekitar pukul 03.00 dini hari.

Namun, dibalik pesonanya yang menakjubkan, membutuhkan perjuangan untuk bisa menuju sampai ke puncak. Untuk memasuki Kawah Ijen, pengunjung akan dikenakan tarif sebesar Rp5.000 sampai Rp7.500 bagi wisatawan lokal. Tentu saja ini belum termasuk tarif parkir, ya.

 Ilustrasi

Nah, begitu perjalanan untuk sampai ke puncak, Anda harus menyiapkan kondisi fisik yang prima dan perlengkapan yang memadai. Pasalnya, medan pendakian Kawah Ijen yang dilalui cukup terjal, mulai dari landai hingga menanjak. Belum lagi kontur merah tanah yang berpasir.

Anda akan melakukan perjalanan dengan menempuh jarak sekitar 3,4 kilometer agar bisa sampai di puncak, sedangkan rata-rata durasinya memerlukan waktu hampir dua jam bahkan bisa lebih. Tergantung pada kondisi fisik Anda.

Baca juga:  Fakta-Fakta Menarik Kawah Ijen, Fenomena Api Biru hingga Tiket Masuk

Meski begitu, Anda tak perlu khawatir karena terdapat jasa troli bagi pengunjung. Jasa troli ini merupakan jasa yang akan membawa Anda sampai ke puncak Kawah Ijen. Seperti namanya, Anda akan dibawa menggunakan troli dengan bantuan 3-5 orang yang menariknya.

Dalam unggahan video Tiktok @samkawahijen, terlihat seorang pengunjung Kawah Ijen yang menggunakan jasa troli dengan tiga orang yang menarik troli itu. Selain itu, tampak medan pendakian yang menanjak dan berkelok-kelok.

Kehadiran jasa troli sangat membantu bagi pengunjung yang kesulitan mendaki di Kawah Ijen.

Pengunjung bisa memilih jasa troli ini sebagai alternatif dengan mengeluarkan tarif berkisar Rp800 ribu, tarif itu sudah termasuk dalam pulang pergi pendakian.

“Jasa troli ini tarifnya Rp800 ribu, sudah termasuk naik turun dan ditunggui,” kata Suparto pelaku jasa troli Kawah Ijen.

Salah seorang pengunjung yang memakai jasa troli itu, tampak terbantu dan memudahkan dirinya dalam melewati medan pendakian. Hal ini terlihat dari video berikutnya yang diunggah oleh @samkawahijen.

Sambil memberikan jempol ke atas, pria berjaket biru itu mengatakan: “Mantap! Jadi lebih ringan.” kata pengunjung itu.

 Ilustrasi

Adanya jasa troli ini dinilai membuat perjalanan pengunjung menuju puncak menjadi lebih ringan.

Namun, rupanya tak semua orang sepakat dengan pemikiran tersebut. Beragam tanggapan dari warganet muncul di kolom komentar.

“Lebih baik jalan kaki, dapat serunya dan hemat juga,” tulis @wildhaniia.

“Tega enggak tega, tetapi itu mata pencahariannya,” tulis pemilik akun @nawanalorken.

“Harga sepadan sesuai dengan kerasnya perjalanan.” Tulis @witoadjha di kolom komentar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini