Viral Pria Selamatkan Anjing Terjebak di Rel Kereta Api, Videonya Malah Dituduh Hoaks

Lina Sharfina, Jurnalis · Senin 04 Oktober 2021 03:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 03 406 2480676 viral-pria-selamatkan-anjing-terjebak-di-rel-kereta-api-videonya-malah-dituduh-hoaks-BOOdQ0gRJh.JPG Pria selamatkan seekor anjing yang terikat di rel KA (Foto: TikTok/random_crap.69)

SEBUAH postingan video dari akun TikTok menunjukkan seorang pria dengan heroik berhasil menyelamatkan nyawa seekor anjing yang diikat di rel kereta api. Awalnya banyak yang meragukan keaslian video tersebut.

Dikutip dari laman Indy100, klip itu diposting oleh pengguna TikTok @random_crap.69 dan telah dilihat sebanyak 21 juta kali, dengan 2,9 juta suka.

Dalam video tersebut, seorang pria terlihat berlari di sepanjang rel kereta api saat kereta barang mendekat. Ia berlari ke arah seekor anjing yang tampaknya telah diikat dengan tali di rel kereta api. Terdapat keterangan yang berbunyi: "Orang ini adalah legenda,"

Kereta yang sedang melaju kencang membunyikan klakson, sementara orang-orang berteriak ke arah pria itu agar segera keluar dari rel, seraya berujar: "Kamu akan terbunuh,".

Baca juga: Viral Pria Tangkap Buaya yang Masuk Rumahnya Pakai Tong Sampah

Pria itu melepaskan ikatan anjing kemudian menariknya keluar dari rel sebelum lokomotif mencapai mereka. Beberapa orang di kolom komentar memuji aksi heroik pria itu atas keberaniannya dan menyebutnya sebagai legenda.

Namun, setelah video itu ramai beredar, banyak kalangan meragukan keasliannya. Bahkan sejumlah pihak menuduh jika video tersebut palsu alias hoaks dan diedit agar terlihat benar-benar nyata.

Website pemeriksa fakta, Snopes menggali lebih dalam untuk mengungkap apakah video itu nyata, dan menemukan bahwa kemungkinan besar video itu palsu!.

Kecurigaan mereka adalah bahwa dua klip terpisah telah difilmkan di lokasi yang sama dan digabungkan untuk memberi kesan bahwa kereta api mendekat pada saat anjing itu akan diselematkan.

Snopes menyebut bahwa pada satu titik ketika kereta lewat, pria dan anjing itu berada dalam bayangannya. Namun, kepala pria itu juga mengeluarkan bayangannya sendiri, mesk ia sebenarnya berada di tempat teduh.

Ini membuktikan bahwa dua klip terpisah telah direkam pada waktu yang berbeda dan digabungkan secara digital untuk memberikan kesan penyelamatan yang berani.

Menurut Snopes, video tersebut dilaporkan pertama kali diposting di akun pengguna TikTok @richysand tetapi sayangnya telah dihapus oleh TikTok karena dianggap melanggar pedoman komunitas platform tentang tindakan berbahaya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini