2 Turis Digelandang Polisi Gegara Palsukan Dokumen Tes Covid-19

Salwa Izzati Khairana, Jurnalis · Senin 04 Oktober 2021 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 04 406 2480842 2-turis-digelandang-polisi-gegara-palsukan-dokumen-tes-covid-19-JlPxMZMiRk.JPG Ilustrasi (Foto: Reuters/Joao Luiz Bulcao)

SEBANYAK dua pelancong dalam penerbangan dari Los Angeles, Amerika Serikat ditangkap di Hawaii setelah menunjukkan hasil tes Covid-19 palsu untuk menghindari karantina yang dimaksudkan untuk mencegah penyebaran virus di pulau tersebut.

“Lazar Hayward (34) dan Raven Randle (33) mendarat di Lihue dengan pesawat American Airlines dari Los Angeles awal pekan ini. Mereka mengunggah hasil tes negatif palsu ke portal Hawaii Safe Travels,” kata seorang petugas.

Setelah dokumen ditandai oleh aplikasi Safe Travels, polisi menangkap dan mendakwa keduanya karena pemalsuan tanpa sumpah.

Setelah penangkapan, Hayward dan Randle dibebaskan sambil menunggu penyelidikan lebih lanjut dan naik penerbangan kembali ke Los Angeles.

Baca juga: Waspada! Begini Modus Calo Pemalsu Sertifikat Vaksin Incar Korban di Bandara

Divisi Investigasi Jaksa Agung negara bagian mengatakan telah memulai penyelidikan menyeluruh atas insiden tersebut. Randle menolak berkomentar pada hari Jumat, sedangkan Hawyard tidak dapat dihubungi.

Pelancong yang memasuki Hawaii harus dikarantina selama 10 hari kecuali mereka telah sepenuhnya divaksinasi di Amerika Serikat, atau telah dinyatakan negatif Covid-19 sebelum berangkat ke pulau-pulau itu.

Pihak berwenang di Hawaii telah menangkap orang-orang yang melanggar undang-undang perjalanan, termasuk seorang wanita dari Illinois yang mengunggah kartu vaksinasi palsu yang salah mengeja Moderna sebagai 'Maderna'.

(put)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini