Maskapai Ini Izinkan Pramugari Pakai Celana Panjang dan Sepatu Kets, Alasannya Bikin Salut

Anisa Suci Maharani, Jurnalis · Rabu 06 Oktober 2021 05:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 05 406 2481813 maskapai-ini-izinkan-pramugari-pakai-celana-panjang-dan-sepatu-kets-alasannya-bikin-salut-Lg0IT5n5xa.JPG Pramugari maskapai Ukraina, SkyUp diizinkan pakai jas longgar, celana panjang dan sepatu kets demi kenyamanan (Foto: Instagram/@skyup.aero)

MASKAPAI penerbangan ternama asal Ukraina, SkyUp mengizinkan para pramugarinya untuk menukar rok dan sepatu hak tinggi mereka dengan setelan celana yang nyaman dan sepatu kets putih.

SkyUp yang merupakan salah satu maskapai penerbangan bertarif rendah terbesar di negara itu mengumumkan bahwa opsi tampilan baru kasual tersebut semata-mata demi kenyamanan bagi awak kabin wanita. Kebijakan itu akan mulai berlaku bulan depan.

“Banyak rekan saya adalah klien tetap ahli podologi. Sepatu hak tinggi bisa merusak jari kaki dan kuku kaki pramugari,” kata anggota staf SkyUp, Daria Solomennaya kepada BBC.

SkyUp bukan satu-satunya maskapai yang menawarkan seragam modern dan nyaman untuk kru wanita. Pada April 2020, Japan Airlines memperkenalkan opsi celana panjang untuk wanita yang bekerja di pesawat, serta berbagai pilihan alas kaki termasuk sepatu datar.

Baca juga: Daftar Maskapai Berbiaya Rendah dengan Kelas Ekonomi Terbaik di Dunia 2021

Pramugari Maskapai SkyUp

(Foto: Instagram/@skyup.aero)

Pada tahun 2014, Virgin Atlantic mengizinkan celana panjang untuk pramugari wanita, dan pada tahun 2019 mulai menyediakannya sebagai standar untuk semua staf. Ada juga aturan staf wanita tidak harus memakai make-up.

“Zaman dan wanita telah berubah. Berbeda dengan klasik konservatif yang identik dengan sepatu hak tinggi, lipstik merah dan sanggul. Citra baru yang lebih modern dan nyaman telah muncul,” kata seorang eksekutif SkyUp setelah desainnya diresmikan musim panas ini.

Banyak pramugari wanita telah melaporkan kerusakan pada kaki mereka seperti masalah varises. Bicara soal masalah keamanan, pramugari juga sulit membantu penumpang mengungsi sambil mengenakan rok dan sepatu hak.

“Saya menyukai pakaian berpotongan bebas dan saya menikmati memakainya dalam kehidupan sehari-hari. Jadi ketika saya mengetahui bahwa kami akan memiliki kostum yang sama di tempat kerja, saya sangat senang karenanya. Bagaimanapun, seragam tetap memiliki gaya, kenyamanan, dan tampilan yang cerah,” kata pramugari SkyUp, Maryna Zaburanna kepada EuroNews.

“Rata-rata, kami menghabiskan 6-12 jam sehari di pesawat, jadi seragam yang nyaman bagi kami adalah elemen kerja yang sangat penting. Sepatu hak tinggi memang cantik, tetapi tidak nyaman memakai sepatu seperti itu untuk waktu yang lama,” tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini