Dorong Kemajuan Pariwisata Papua, Begini Strategi Kemenparekraf

Antara, Jurnalis · Rabu 06 Oktober 2021 14:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 06 406 2481894 dorong-kemajuan-pariwisata-papua-begini-strategi-kemenparekraf-4WATM5vJzL.JPG Pantai Holtekamp di Jayapura, Papua (Foto: Instagram/@papua.tourism)

DEPUTI Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Rizki Handayani menegaskan, pihaknya akan mendukung perbaikan fisik destinasi wisata di Papua guna mendorong kemajuan dan pengelolaan pariwisata di daerah tersebut.

“Biasanya usulan (perbaikan) dari pemerintah daerah,” ujar Rizki.

Kedua, lanjutnya, ialah mengenai dukungan untuk pengembangan sumber daya manusia (SDM) dengan menciptakan filial atau kelas jauh dari Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Bali.

Baca juga: Nikmatnya Papeda Khas Papua, Sandiaga Uno Lahap Betul Menyantapnya

Selanjutnya, terkait upaya pengembangan pengemasan berbagai kegiatan agar menjadi menarik sehingga dapat memancing wisatawan mancanegara semakin tertarik mengunjungi Papua dari segi pariwisata.

Langkah lainnya yang akan dilakukan Kemenparekraf ialah pengembangan SDM dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai usaha memajukan berbagai produk ekonomi kreatif.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menyebut, adanya Pekan Olahraga Nasional Papua XX meningkatkan secara masif penjualan produk-produk ekonomi kreatif dari Papua.

“Saya mendengar bahwa noken itu habis terjual dan beberapa produk produk suvenir sampai produk kuliner seperti ulat sagu jadi hits, baik di social media maupun juga secara offline. Banyak yang ingin penasaran dan ingin mencoba,” ucap Sandi.

Selain itu, ia menyatakan, banyak pihak yang berkomentar bahwa pembukaan PON berkelas dunia.

“Ini semua dikerjakan oleh talenta-talenta terbaik kita dengan didominasi oleh talenta-talenta dari Papua yang sangat luar biasa. Mudah-mudahan nanti penutupannya juga punya gaung yang sama,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini