Berapa Gaji Tukang Parkir Pesawat di Indonesia?

Lina Sharfina, Jurnalis · Rabu 06 Oktober 2021 16:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 06 406 2482226 berapa-gaji-tukang-parkir-pesawat-di-indonesia-1eQOcM6voN.jpg Marshaller atau tukang parkir pesawat (Freepik)

BERAPA sih gaji tukang parkir pesawat di Indonesia? Mungkin pertanyaan ini lumrah terdengar. Apalagi ada persepsi kalau bekerja di bidang penerbangan penghasilan cukup menjanjikan.

Tukang parkir pesawat nama kerennya marshaller. Tugasnya adalah memberikan komando kepada pilot saat memarkirkan pesawat setelah mendarat di bandara. Mereka sudah dilatih dan dituntut punya kecepatan dan ketepatan saat memandu pilot.

Baca juga: Aneh tapi Nyata, Pesawat Nyangkut di Bawah Jembatan Penyeberangan, Kok Bisa?

Ternyata gaji yang diperoleh dari pekerjaan tersebut juga tidak sedikit loh. Wajar saja gaji tinggi karena tanggung jawab marshaller juga besar.

Gaji marshaller memang tergantung ia bekerja di bandara mana atau maskapai apa.

Mengutip dari lama tanya jawab Quora, tukang parkir pesawat di Indonesia gajinya berkisar dari Rp5 hingga 6 juta per bulan, bisa juga lebih tergantung kebijakan masing-masing maskapai penerbangan dan pengalaman marshaller juga menentukan. Selain gaji pokok, tentu ada tunjangan lain juga.

Baca juga: Berapa Gaji Pilot di Indonesia dan Luar Negeri? Jumlahnya Bikin Geleng-Geleng Kepala

Mengutip dari situs ziprecruiter.com, seorang marshaller bahkan bisa mendapat Rp607 juta per tahunnya.

Nah, jika Anda tertarik ingin jadi marshaller, siapkan diri untuk melamar saat ada lowongan. Beberapa persyaratan penting yang harus di penuhi yaitu memiliki badan ideal, usia rata-rata yang ditentukan masing-masing maskapai, dan anda juga diperlukan pelatihan khusus terkait bagaimana cara membaca sinyal, serta persyaratan lainnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini