Pendakian Gunung Arjuno-Welirang Kembali Ditutup, Padahal Baru 16 Hari Dibuka

Avirista Midaada, Jurnalis · Kamis 07 Oktober 2021 00:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 06 406 2482239 pendakian-gunung-arjuno-welirang-kembali-ditutup-padahal-baru-16-hari-dibuka-MST5qGZ3XY.jpg Gunung Arjuno di Jawa Timur (Istimewa)

JALUR pendakian Gunung Arjuno-Welirang di Jawa Timur kembali ditutup mulai 5 Oktober 2021 hingga batas waktu belum ditentukan. Penutupan ini menyusul Kabupaten Pasuruan berstatus PPKM Level 3.

Baca juga:  Menikmati Surga Bunga dengan Panorama Gunung Arjuno di Kota Batu

Dua pintu masuk pendakian Gunung Arjuno-Welirang di Jalur Tambaksari, Kecamatan Purwodadi, dan Tretes di Pasuruan sempat dibuka sejak 19 September lalu, tapi kini ditutup lagi untuk meminimalisasi potensi penyebaran COVID-19.

Kepala Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo, Ahmad Wahyudi mengatakan, , penutupan jalur pendakian Gunung Arjuno Welirang sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 47 tahun 2021 tentang PPKM.

 

"Kabupaten Pasuruan berada pada level 3 PPKM, di mana kegiatan wisata tidak diizinkan. Maka, pendakian Arjuno Welirang ditutup," kata Wahyudi, Rabu (6/10/2021).

 Baca juga: Baru Sebulan Dibuka, Wisata Bromo Kembali Ditutup Usai Dikunjungi 7.904 Turis 

UPT Tahura Raden Soerjo sudah mengeluarkan Surat Nomor 522/685/123.7/2021 tentang Penutupan Kegiatan Pendakian Gunung Arjuno Welirang Melalui Jalur Tretes, dan Tambaksari.

"Kegiatan pendakian Gunung Arjuno Welirang, akan dibuka kembali dengan memperhatikan instruksi pemerintah lebih lanjut," katanya.

Gunung Arjuno secara administratif terletak di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan. Tiga wilayah tersebut, saat ini masih menerapkan PPKM level 3, sehingga pendakian Arjuno Welirang harus ditutup.

Gunung Arjuno merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Timur, dengan ketinggian mencapai 3.339 meter di atas permukaan laut (mdpl). Sementara untuk Gunung Welirang, memiliki ketinggian 3.156 mdpl.

 Ilustrasi

Gunung Arjuno, terletak bersebelahan dengan Gunung Welirang, termasuk Gunung Kembar I, dan Gunung Kembar II. Puncak Gunung Arjuno terletak dalam satu punggungan yang sama dengan puncak Gunung Welirang, dan lebih dikenal sebagai kompleks Arjuno-Welirang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini