Unik, Begini Ritual Buang Sial Hewan Peliharaan di Bali

Salwa Izzati Khairana, Jurnalis · Kamis 07 Oktober 2021 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 06 406 2482250 unik-begini-ritual-buang-sial-hewan-peliharaan-di-bali-rYaNyv2RSN.jpg TikTok @Onanara

BALI terkenal dengan keindahan alam dan keunikan adat serta budayanya. Salah satu tradisi unik di Pulau Dewata adalah ritual membuang sial hewan peliharaan. Ritual ini diyakini masyarakat setempat untuk mencegah nasib buruk.

Baca juga:  Catat! Begini Syarat dan Aturan Lengkap Turis Mancanegara Masuk Bali Mulai 14 Oktober

Seperti yang terlihat dalam unggahan video diunggah di Tiktok oleh akun @onanara25, di mana menunjukkan anjing peliharannya melahirkan seekor anak anjing. Video ini pun telah dilihat hampir tiga juta tayangan.

Dalam tradisi Bali, mereka percaya adanya pertanda kurang baik jika hewan peliharaan anjing dan babi beranak hanya satu ekor. Dengan demikian, kelahiran hewan peliharaan itu mesti diritualkan.

 

Hal tersebut menandakan karang panas atau pekarangan rumah yang memiliki aura negatif. Dalam klip berikutnya terlihat seorang pria yang tengah menghanyutkan seekor anak anjing di aliran sungai kecil.

Baca juga:  Penampakan Villa Omah Padi Milik Anggun C Sasmi di Bali, Sungguh Adem dan Menenangkan

“Ritualnya adalah dengan cara anak anjing yang lahirnya seekor harus dihanyutkan, boleh di sungai atau di tempat aliran sungai kecil. Dengan dibekalkan sesajen berupa canang, permen, dan dupa,” kata seorang wanita dalam video itu.

Namun, ritual menghanyutkan ini dilakukan secara simbolis saja. Sementara orang yang menghanyutkan adalah harus si pemilik anjing.

 Ilustrasi

Setelah dihanyutkan, anak anjing itu dipungut kembali oleh orang yang tidak memiliki hubungan darah, kemudian mendoakan anak anjing agar tidak membawa kesialan atau hal yang negatif.

Klip terakhir memperlihatkan seorang wanita yang tengah mendupai rumah secara keseluruhan dan diritualkan secara kecil. Ritual ini dilakukan dengan memberikan banten prayascita.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini