7 Bandara Tertua di Dunia, Ada yang Berusia Lebih Seabad!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 07 Oktober 2021 13:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 07 406 2482628 7-bandara-tertua-di-dunia-ada-yang-berusia-lebih-seabad-xWVBru8KpH.JPG 7 bandara tertua di dunia, Bandara Bremen, Jerman (Foto: Wikimedia)

7 BANDARA tertua di dunia ini masih eksis sampai sekarang. Bandara bisa diibaratkan sebagai tempat singgah sebelum Anda pergi ke tempat tujuan yang sebenarnya. Tanpanya, kita pun tak bisa melakukan perjalanan liburan ke luar negeri, atau tempat tujuan lain melalui jalur udara.

Namun, tahukah Anda jika beberapa bandara memiliki umur yang sudah terlampau tua. Bahkan, ada juga yang masih beroperasi hingga kini. Melansir Simple Flying, berikut daftar 7 bandara tertua di dunia.

Bandara College Park, Amerika Serikat

Penghargaan untuk bandara tertua di dunia, yang masih beroperasi, jatuh ke Bandara College Park, Maryland, AS. Itu didirikan pada tahun 1909 dan menyebut dirinya sebagai 'Cradle of Aviation.'

Bandara ini memiliki asal-usul yang terikat dengan Wright Brothers. Wilbur dan Orville Wright menerbangkan pesawat bertenaga pertama pada 17 Desember 1903, dekat Kitty Hawk di North Carolina hanya dalam 12 detik. Pada tahun 1905 mereka telah meningkatkan ini dan terbang selama 39 menit.

College Park dibuka sebagai bagian dari ekspansi Wright Brothers. Awalnya merupakan pangkalan bagi Wilbur Wright untuk melatih perwira militer untuk menerbangkan pesawat pertama pemerintah AS, biplan Tipe A Wright.

College Park Airport

(7 bandara tertua di dunia, Foto: Getyy Images)

Bandara ini kemudian menjadi tempat sekolah penerbangan militer pertama di Amerika Serikat, yang dibuka pada tahun 1911. Saat ini, masih digunakan sebagai bandara gerbang untuk penerbangan swasta.

Ini memiliki museum di tempat yang menampilkan banyak pesawat dari sejarahnya, termasuk replika Wright Flyer, replika Bleriot XI, dan beberapa Curtiss dan pesawat Boeing awal.

Baca juga: 7 Pesawat Terbang Tertua di Dunia Masih Terbang hingga Kini, Ada yang Berusia 112 Tahun

Bandara Hamburg, Jerman

Hamburg adalah bandara tertua di Jerman yang masih beroperasi, dan tertua kedua di dunia. Dibuka pada tahun 1911 sebagai pangkalan untuk kapal udara Zeppelin.

Bandara ini diambil alih untuk penggunaan militer selama Perang Dunia Pertama dan sebagian besar hancur, tetapi muncul kembali pada tahun 1919.

Bandara ini digunakan sebagai area pementasan selama Berlin Airlift setelah Perang Dunia Kedua. Itu kemudian tumbuh sebagai bandara internasional utama bagi negara itu.

Bandara Hamburg

(7 bandara tertua di dunia, Foto: IG/hamburgairport)

Lufthansa meluncurkan layanan penumpang pada 1955, dengan Hamburg sebagai basis utama sebelum Frankfurt. Dan Pan American World Airways (Pan Am) meluncurkan layanan antara New York, London, dan Hamburg pada 1959.

Bandara ini tetap menjadi bandara internasional yang penting saat ini, meskipun volume penumpangnya telah diambil alih oleh Frankfurt, Munich, Dusseldorf, dan Tegel.

Baca juga: 16 Bandara AP II Sediakan Vaksin Covid-19 Gratis, Berikut Daftar & Jadwalnya

Bandara Shoreham, Inggris

Bandara tertua di Inggris berada di Shoreham, dekat Brighton. Dibuka pada tahun 1910 dengan sejumlah penggemar terbang menggunakannya sebagai dasar untuk penerbangan awal yang berani. Yang pertama (menurut sejarah bandara yang terdokumentasi) adalah Harold Piffard.

Dia adalah salah satu penerbang Inggris pertama dan telah bereksperimen dengan pesawat sejak tahun 1909. Bersama dengan mitra bisnis, dia membuka Shoreham sebagai pangkalan untuk menerbangkan pesawat Hummingbird-nya. Ini tidak pernah terbang lebih dari satu mil tetapi merupakan titik awal yang penting untuk penerbangan Inggris!

Bandara Aurel Vlaicu Bucharest, Rumania

Aurel Vlaicu bukanlah bandara utama saat ini di Bukares, tetapi bandara yang lebih kecil digunakan sebagai bandara bisnis (walaupun mungkin akan segera mengambil penerbangan komersial lagi). Namun, itu berfungsi sebagai bandara utama sampai Bandara Otopeni dibuka pada tahun 1965.

Bandara ini didirikan pada tahun 1912 ketika sekolah penerbangan dibuka di sana. Itu dinamai untuk menghormati Aurel Vlaicu, pelopor penerbangan Rumania yang membangun pesawat bertenaga pertama di negara itu.

Pada 1920, CFRNA (Perusahaan Prancis - Rumania untuk Navigasi Udara), yang kemudian menjadi maskapai penerbangan nasional TAROM, memulai layanan di bandara. Bangunan terminal utama ditambahkan pada tahun 1952, dirancang sebagai kubah pusat dengan tiga sayap yang mewakili baling-baling pesawat.

Baca juga: Bandara Megah Senilai Rp156 Triliun di China Resmi Beroperasi

Bandara Shoreham, Inggris

(7 bandara tertua di dunia, Foto: Wikimedia)

Bandara Bremen, Jerman

Bandara Bremen dibuka pada tahun 1913. Seperti Hamburg, direncanakan untuk menangani kapal udara tetapi segera beralih fokus ke pesawat. Penerbangan sipil terjadi antara periode penggunaan militer selama kedua perang dunia.

Setelah Perang Dunia Kedua, itu dikendalikan oleh Angkatan Udara AS hingga tahun 1949. Lufthansa mulai beroperasi dari bandara pada tahun 1950 dan mendirikan sekolah pelatihan penerbangan utamanya di sana.

Bandara Don Mueang, Thailand

Don Mueang menempati tempat khusus di antara daftar bandara Amerika dan Eropa sebagai bandara tertua yang terus beroperasi di Asia. Itu sebenarnya adalah bandara kedua yang dibuka di Thailand (yang pertama adalah Sa Pathum, sekarang menjadi arena pacuan kuda). Bandara dibuka pada tahun 1914 dan menampung pesawat pertama Angkatan Udara Thailand.

Itu diduduki oleh militer Jepang selama Perang Dunia Kedua dan dibom berat. RAF Inggris mendudukinya setelah perang berakhir, hingga pertengahan 1946. Layanan komersial dimulai dengan KLM Royal Dutch Airlines pada tahun 1924.

Ini berfungsi sebagai bandara utama untuk Bangkok (dikenal sebagai Bandara Internasional Bangkok) hingga bandara Suvarnabhumi yang baru dibuka pada tahun 2006. Don Mueang ditutup secara resmi pada September 2006 tetapi segera dibuka kembali pada Maret 2007 setelah banyak maskapai memprotes biaya yang lebih tinggi di Suvarnabhumi.

Bandara Schiphol Amsterdam, Belanda

Schiphol didirikan pada tahun 1916 sebagai bandara militer. Penerbangan komersial dimulai pada 1920, dengan layanan ke London (Bandara Croydon saat itu). Itu tumbuh secara signifikan pada waktunya untuk Olimpiade, yang diadakan di Amsterdam pada tahun 1928. Ini melihat salah satu bangunan terminal terbesar yang pernah dibangun di bandara.

Schiphol sebagian besar hancur selama Perang Dunia Kedua tetapi dibangun kembali setelahnya. Saat ini, ini adalah bandara tersibuk kesembilan secara global untuk pergerakan pesawat, sejauh ini yang tertinggi dalam daftar ini.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini