Viral Danau Kuning Terekam Google Maps Picu Perdebatan Warganet

Salwa Izzati Khairana, Jurnalis · Jum'at 08 Oktober 2021 01:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 07 406 2482763 viral-danau-kuning-terekam-google-maps-picu-perdebatan-warganet-26sEsr9Xnn.JPG Viral danau berwarna kuning terekam Google Maps (Foto: Google Maps)

SEORANG pengguna Reddit membagikan foto yang menujukkan air berwarna kuning cerah dari Google Maps yang mereka lihat di dekat Liberty Farms di Columbus, Ohio, AS. Ia berharap menemukan jawaban atas apa yang menyebabkan fenomena tersebut.

Setelah melihat danau kuning itu di Google Maps, pengguna Reddit mati-matian untuk mencari penjelasan itu. Dalam tangkapan layar, tampak hamparan air yang luas dengan bercak putih dan kuning cerah di sudutnya.

Pengguna yang terkejut itu pergi ke forum dan bertanya: "Apa yang membuatnya kuning? Tempat yang saya temukan menggunakan Google Maps,".

Menurut salah satu pengguna, danau tersebut dimanfaatkan sebagai tempat pembuangan oleh salah satu pengusaha di sekitarnya.

Mereka berkata: "Saya juga ingin tahu lebih banyak tentang ini. Saya melakukan beberapa pencarian dan menemukan bahwa itu adalah produk dari Liberty Farms yang dibuat di Columbus, Ohio,”

Baca juga: Viral Pulau Aneh Berbentuk Kacang Terlacak di Google Maps

"Tampaknya ada kawasan industri dan tempat barang rongsokan di dekatnya, tetapi saya bertanya-tanya apakah tambang di utara adalah pelakunya. Meskipun ada beberapa genangan air di daerah itu, tetapi ini satu-satunya yang terjadi,”

"Tampaknya ada dua titik di mana polusi, lumpur, atau sesuatu yang lain dibuang ke air. Saluran khusus ini adalah yang terburuk. Saya ingin mendengar pendapat Anda tentang hal itu!"

Begitu melakukan pencarian lebih lanjut, mereka menemukan bahwa situs di sekitarnya adalah tambang batu kapur.

"Kuningnya tidak mungkin dari limpasan itu sendiri, melainkan bakteri yang dimakan oleh limpasan itu. Kemungkinan besar alga yang berkembang biak dengan nitrogen dari polusi sumber non-titik dari pertanian terdekat,” ujar pengguna lain.

"Namun, ada potensi kontaminasi logam berat, dalam hal ini saya masih mengatakan bakteri yang menyebabkan warna itu, tetapi saya tidak cukup tahu untuk mengesampingkan kemungkinan itu,” tambahnya.

Namun, fenomena ini juga terkenal di tempat lain yang sangat tercemar di seluruh dunia.

Menurut HydroTech, Sungai Kuning China, sungai terpanjang keenam di dunia, telah tercemar parah sejak tahun 2007.

Baca juga: Viral Seorang Pria Buang Air Besar di Atap Mobil, Aksinya Terekam Google Maps

Menurut laporan, hingga 33 persen dari sistem sungainya tercemar ke tingkat kurang dari 5 yang berarti tidak layak untuk hewan dan produksi industri.

Diperkirakan sekitar 4,29 miliar ton sampah dibuang setiap tahun dan sungai telah menguning karena akumulasi sedimen yang mengapung di sungai, terutama sebagian besar wilayah tengah China.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini