Boji si Anjing Jalanan yang Suka Solo Traveling Naik Transportasi Umum

Agregasi VOA, Jurnalis · Jum'at 08 Oktober 2021 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 07 406 2482962 boji-si-anjing-jalanan-yang-suka-solo-traveling-naik-transportasi-umum-P8nmU9RX4Q.jpg Anjing Boji, penumpang reguler feri, kereta dan trem di Istanbul, Turki (Reuters/Murad Sezer)

SEEKOR anjing menjadi selebriti media sosial di Istanbul, Turki. Ini terjadi karena kegemarannya naik feri, trem, dan kereta di kota terbesar di Eropa tersebut.

Nama anjing itu Boji, terjemahan dari kata bahasa Inggris Bogie yang artinya bagian bawah kereta. Pemerintah Kota Metropolitan Istanbul (IMM) memberi nama itu karena satu alasan kuat: anjing tersebut suka berkeliaran di kota itu dengan memanfaatkan layanan transportasi.

Baca juga: Pecahkan Rekor Guinness World, Anjing Ini Miliki Telinga Terpanjang di Dunia

Boji sering ditemukan di feri, kereta dan trem di Instanbul. Setiap hari, anjing itu biasa menempuh perjalanan hingga 30 kilometer. Berbeda dengan kebanyakan penumpang transportasi umum, Boji lebih suka memusatkan perhatian ke pemandangan di luar jendela kaca di mana ia duduk dan berdiri.

Karena begitu populernya, Boji tidak hanya menjadi kesayangan penduduk Istanbul, tapi juga pemerintah kota itu. Sebagai informasi, Boji telah mendapatkan semua suntikan dan vaksinasi yang diperlukan untuk memastikan kesehatan dirinya dan penumpang lain layanan transportasi publik.

Di lehernya terkalung pelacak GPS yang memungkinkan staf pemerintah kota melacak keberadaannya.

Baca juga: Sultan, Pria Ini Booking Seluruh Kabin Kelas Bisnis Pesawat Agar Anjingnya Bisa Liburan

Aylin Erol, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Dinas Transportasi Istanbul, mengatakan, "Dua bulan lalu, kami melihat seekor anjing, mencoba menggunakan trem kami, metro kami, kereta kami. Ia tahu ke mana harus pergi. Ia tahu ke mana harus keluar. Jadi, itu cukup menarik dan kami mulai mengikutinya, dan itu pola yang sangat menarik. Sepertinya ia tahu ke mana harus pergi dan ia punya tujuan."

Erol yang merekam perjalanan Boji melalui microchip di leher anjing itu, mengungkapkan Boji mampir setidaknya di 29 stasiun metro dalam satu hari dan kadang-kadang ia bahkan tercatat naik feri di laut, bepergian untuk liburan akhir pekan ke Kepulauan Putri.

Erol juga mengatakan anjing itu tampaknya menghormati aturan transportasi umum. Anjing itu selalu menunggu para penumpang turun terlebih dahulu sebelum naik kereta.

 Ilustrasi

Data yang dikumpulkan dari alat pelacaknya menunjukkan jalur-jalur trem bersejarah adalah favorit Boji. Selain feri dan trem, Boji juga sering menjadi penumpang kereta bawah tanah.

Nihat Sertkaya, seorang pengusaha dan penumpang kereta, mengaku senang bertemu Boji untuk pertama kalinya.

"Anda tahu, saya baru saja menontonnya di YouTube dua jam yang lalu dan sekarang saya bertemu dengannya di sini. Ini sangat mengejutkan. Tentu saja, saya mengenalinya. Saya baru saja menonton videonya. Sangat menyenangkan melihat hewan liar di antara kita, seperti ini."

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini