Mantap! Kawasan Wisata Dieng Bakal Dipercantik agar Semakin Mendunia

Antara, Jurnalis · Jum'at 08 Oktober 2021 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 08 406 2483070 mantap-kawasan-wisata-dieng-bakal-dipercantik-agar-semakin-mendunia-JJaMdFN3vq.JPG Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah (Foto: Instagram/@wandikwandi)

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Banjarnegara, Jawa Tengah, memastikan bahwa pengembangan Kawasan Wisata Dataran Tinggi (KWDT) Dieng menjadi salah satu prioritas dalam rangka meningkatkan sektor pariwisata di wilayah setempat.

"Ini sesuai dengan pesan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno yang berpesan agar objek wisata Dieng terus ditingkatkan dan dipercantik supaya dapat mendunia," ucap Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Banjarnegara, Agung Yusianto.

Ia mengatakan beberapa waktu yang lalu, dalam kunjungan kerja ke sejumlah wilayah di Jawa Tengah, Menparekraf Sandiaga Uno juga mengunjungi Dieng.

"Beliau mengatakan bahwa Dieng sangat indah, perlu terus memoles penampilan Dieng supaya makin mendunia. Beliau juga berharap destinasi ini akan dapat menggeliatkan perekonomian masyarakat," katanya.

Baca juga: Dieng Kulon Terpilih 50 Desa Wisata Terbaik, Sandiaga Uno: Buka Lapangan Kerja bagi Anak Muda

Menparekraf, kata dia, juga mengingatkan agar pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya Kelompok Sadar Wisata Dieng Kulon, dan masyarakat di sekitar objek wisata untuk dapat menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat dan disiplin.

Terkait pengembangan Dieng, pihaknya terus memperkuat strategi pengembangan KWDT Dieng sebagai salah satu destinasi unggulan di wilayah setempat.

Menurutnya, strategi tersebut meliputi pembuatan peta jalan, penyusunan program inovasi dan berkreasi, serta menggencarkan kolaborasi dengan berbagai pihak terkait.

"Misalkan saja kami menggunakan model Pentahelix yakni berkolaborasi dengan akademisi, media, pebisnis hingga komunitas," ucapnya.

Selain itu pihaknya juga terus menggencarkan promosi wisata baik secara konvensional maupun digital.

Dieng lanjutnya, merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak diminati wisatawan, baik Nusantara maupun mancanegara. Dieng. lanjutnya, memiliki udara dingin dengan pemandangan alam yang indah.

Daya tarik wisata di wilayah ini antara lain Bukit Sikunir, Kawah Sikidang, Candi Arjuna, serta Museum Kailasa, di mana wisatawan dapat mengetahui sejarah terbentuknya Dieng.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini