Syarat Menjadi Pramugari Kereta Api Lulusan SMA/SMK, Gampang Kok!

Lina Sharfina, Jurnalis · Jum'at 08 Oktober 2021 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 08 406 2483254 syarat-menjadi-pramugari-kereta-api-lulusan-sma-smk-gampang-kok-ixfhtUSna5.jpg Syarat menjadi pramugari kereta api lulusan SMA/SMK (Okezone)

SYARAT menjadi pramugari kereta api lulusan SMA/SMK sebenarnya tidak sulit. Karena rata-rata untuk profesi ini tidak menuntut pendidikan tinggi. Hanya saja harus memenuhi syarat sesuai kriteria yang dibutuhkan perusahaan transportasi. Tapi, pendidikan terakhir biasanya SMA/sederajat atau diploma.

Ya, bagi kamu yang sudah lulus SMA punya kesempatan untuk jadi pramugari lho. Pramugari merupakan salah satu profesi yang diidamkan banyak wanita muda. Bukan hanya di pesawat, tapi kereta api juga punya pramugari khusus.

Baca juga: Enggak Susah Kok, Ini Lho Syarat Menjadi Pramugari Berhijab 

Jika ingin mendaftarkan diri atau melamar jadi pramugari kereta api, setidaknya sudah lulus SMA/SMK/sederajat dulu. Anda harus memiliki surat berkelakuan baik dari pihak kepolisian, agar anda sudah dipastikan tidak terlibat kasus kriminal apapun.

Kemudian anda juga harus memiliki tinggi badan minimal 160 cm dengan berat badan yang ideal.

Anda juga harus menyiapkan data pribadi anda seperti CV, foto postcard seluruh badan, KTP/SIM, Ijazah Pendidikan Akhir, dan juga Surat Keterangan Sehat Puskesmas/RS/Klinik.

Setelah itu, anda akan mengikuti beberapa tahapan-tahapan yang harus diikuti seperti administrasi dan kesehatan awal, wawancara, tes prsikologi, dan juga tes Kesehatan akhir. Tahapan-tahapan ini akan mejadi seleksi apakah anda akan lolos atau tidak.

Baca juga: Cara Menjadi Pramugari Setelah Lulus SMA, Gampang Kok! Begini Syaratnya

Semua keputusan dan syarat yang dicantumkan adalah keputusan mutlak yang tidak bisa diganggu gugat oleh siapapun.

Untuk informasi selengkapnya anda dapat mengunjungi situs PT Kereta Api Indonesia.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini