Share

Ketika Sandiaga Uno Terpukau Aksi Dalang Cilik hingga Diajak Mentas ke Amerika

Antara, Jurnalis · Sabtu 09 Oktober 2021 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 09 406 2483645 ketika-sandiaga-uno-terpukau-aksi-dalang-cilik-hingga-diajak-mentas-ke-amerika-Cz9u3FTfot.JPG Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno dan dalang cilik, Alby Ersani (Foto: Kemenparekraf)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Sandiaga Uno terpesona dengan kepiawaian Alby Ersani, sang dalang cilik asal Kampung Wisata Rejowinangun, Yogyakarta yang ditunjukkan saat menyambut kedatangannya di kampung wisata tersebut.

“Luar biasa. Usianya baru 9 tahun tetapi memiliki kemampuan mendalang yang baik,” katanya di sela kunjungan di Kampung Wisata Rejowinangun, Yogyakarta.

Sandiaga bahkan mengetahui jika Alby memiliki akun YouTube yang berisi pertunjukannya sebagai dalang. Ia kemudian meminta dan mengajak seluruh pejabat yang menyertai kunjungannya dan masyarakat untuk segera melakukan subscribe akun YouTube dalang cilik tersebut.

“Saya lihat, jumlah subscriber-nya 990. Tinggal 10 lagi jadi 1.000. Ayo semuanya subscribe akunnya,” katanya yang menyebut jika subscriber dalang Alby kini sudah mencapai lebih dari 1.000 orang.

Ia menyebut konten YouTube yang ditampilkan sangat menarik dan menginspirasi sehingga generasi muda khususnya anak-anak bisa menjadi lebih tertarik untuk mengenal wayang dan kemudian mendalami seni pedalangan.

“Saya senang karena Alby memiliki semangat untuk terus menjaga dan melestarikan budaya warisan nenek moyang,” katanya.

Baca juga: Kisah Angker Museum Wayang, Boneka 'Kematian' hingga Wanita Bergaun Merah

Sandiaga Uno dan dalang cilik Alby Ersani

(Foto: Kemenparekraf)

Mantan Wagub DKI Jakarta itu mendoakan agar Alby bisa semakin sukses sebagai dalang menjadi terkenal dan bisa kembali pentas bahkan di panggung-panggung internasional.

“Mudah-mudahan Alby bisa jadi dalang sukses dan mendunia. Akan saya ajak untuk mendalang ke Washington DC, Amerika Serikat,” katanya.

Ia pun memenuhi harapan Alby untuk memiliki satu set wayang Pandawa yang standar. “Langsung dipesankan ke UMKM setempat. Nilainya sekitar Rp10 juta,” kata Sandiaga yang bahkan akan membelikan perangkat kamera agar konten YouTube dalang cilik tersebut memiliki kualitas gambar yang lebih baik.

Sandiaga juga menerima wayang dari karton yang diserahkan oleh Alby. Wayang tersebut kemudian diberi nama Raden Sandiaga Uno.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Alby yang kini tercatat sebagai siswa kelas 3 SD Gedongkiwo, Yogyakarta tersebut mengaku berlatih dalang secara otodidak dengan menonton YouTube milik beberapa dalang terkenal. Kebiasaan tersebut sudah dilakoninya sejak menjadi siswa pendidikan anak usia dini (PAUD).

"Dalang favorit saya adalah (alm) Dalang Seno," kata Alby yang baru beberapa bulan terakhir berlatih di sanggar pedalangan.

Baca juga: Memperkenalkan Wayang pada Anak Muda

Baginya, memainkan wayang mampu membuatnya merasa senang bahkan ia mengaku jarang bermain game di gadget yang jamak dilakukan anak-anak lain seusianya.

"Saya paling senang dengan tokoh Kresna karena ia adalah tokoh yang bijak dan titisan Batara Wisnu," tuturnya.

Beberapa prestasi yang sudah ia bukukan di antaranya pemenang kedua Lomba Dalang Cilik tingkat Kota Yogyakarta pada 2019, dan pada tahun ini berada di peringkat lima Lomba Dalang Cilik tingkat DIY.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini