Nekat Potret Beruang Grizzly, Turis Masuk Bui dan Denda Rp28 Juta

Salwa Izzati Khairana, Jurnalis · Minggu 10 Oktober 2021 03:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 09 406 2483812 nekat-potret-beruang-grizzly-turis-masuk-bui-dan-denda-rp28-juta-57FUvKMcme.JPG Beruang Grizzly (Foto: Getty Images)

SEORANG wanita asal Illinois, Amerika Serikat dijatuhi hukuman empat hari penjara lantaran memotret beruang grizzly beserta dua anaknya di Taman Nasionak Yellowstone.

Perempuan berusia 25 tahun dari Carol Stream, Illinois itu mengaku bersalah lantaran sengaja berlama-lama dalam jarak 100 yard dari satwa liar dan mengabadikan fotonya.

Selain hukuman penjara, Hakim Mark L. Carman melarangnya untuk berkunjung ke Yellowstone selama setahun, dan diwajibkan membayar denda senilai Rp28 juta ke badan perlindungan satwa liar setempat.

Awalnya, ia melihat beruang itu di Roaring Mountain, sebuah lereng gunung dengan banyak fumarol atau lubang uap yang menderu.

Baca juga: Beruang Menyeret Rusa di Jalan Terekam Kamera, Begini Penampakanya

Pengunjung lain menjauh dan masuk ke dalam mobil mereka saat sang beruang grizzly mendekat, jauh lebih dekat daripada batasan panjang lapangan sepak bola untuk mendekati beruang dan serigala di Yellowstone.

Jaksa federal mengatakan, dalam sebuah pernyataan yang dirilis Kamis, 7 Oktober lalu, wanita itu tetap diam dan terus mengambil foto. Beruang itu akhirnya menggertak dan berlari ke arahnya namun tidak menyerang.

"Sama sekali tidak bijaksana untuk mendekati grizzly dengan anaknya. Keberuntungan murni adalah dia seorang terdakwa kriminal dan bukan turis yang dianiaya,” ungkap penjabat Jaksa Amerika Serikat untuk Wyoming, Bob Murray, menyitir laman USA Today.

Sejak tahun 2010, delapan orang telah dibunuh oleh beruang grizzly di wilayah Yellowstone, termasuk Charles "Carl" Mock, seorang pria Montana yang diserang saat memancing di dekat taman nasional itu pada April silam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini