Temukan Muntahan Paus Senilai Rp17 Miliar, Nelayan Ini Auto Jadi Sultan!

Anisa Suci Maharani, Jurnalis · Minggu 10 Oktober 2021 02:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 09 406 2483823 temukan-muntahan-paus-senilai-rp17-miliar-nelayan-ini-auto-jadi-sultan-LQDUEgpWWM.JPG Nelayan Thailand, Narong Phetcharaj temukan muntahan paus senilai Rp17 miliar (Foto: ViralPress)

SEORANG nelayan tidak bisa mempercayai keberuntungannya setelah menemukan segumpal muntahan paus mengambang di pantai Thailand selatan senilai USD1,2 juta atau setara Rp17 miliar.

Narong Phetcharaj kembali ke pantai ketika dia melihat benda aneh didorong oleh arus laut di Pantai Niyom, Provinsi Surat Thani.

Setelah diperiksa lebih dekat, ia menyadari bahwa massa itu memiliki tekstur dan penampilan seperti lilin yang sama seperti muntahan paus, jadi dia menyeretnya menjauh dari pantai. Ia pun percaya bahwa temuannya bisa menghasilkan uang.

Phetcharaj kemudian membawa benda itu ke para ahli di Universitas Prince of Songkla untuk diuji dan hasilnya membuktikan bahwa itu adalah ambergris asli.

Dengan berat 30 kilogram, muntahan paus itu bisa dijual USD40 ribu (Rp571 juta) per kilogram. Ambergris atau muntahan paus, dianggap sebagai "harta karun" laut dan "emas" terapung karena bisa diekstraksi untuk membuat aroma parfum bertahan lebih lama.

Baca juga: Ngeri, Nelayan Temukan Makhluk "Alien" di Kapal saat Perjalanan Memancing

“Tidak ada penduduk desa yang pernah melihat atau menyentuh ambergris paus asli sebelumnya. Itu sebabnya semua orang senang,” ucap Phetcharaj.

Muntahan Paus senilai Rp17 miliar

(Foto: ViralPress)

Ia lantas menyimpan muntahan paus yang dibungkus dengan handuk demi keamanan dan disembunyikan di dalam kotak kardus sebelum memberi tahu kerabatnya tentang penemuan sensasional itu.

Sebelum ambergris diuji di universitas, dia memeriksa objek itu terlebih dahulu di rumah. Potongan-potongan benjolan yang terbakar tampaknya mengonfirmasi bahwa zat itu memang ambergris karena cepat meleleh.

“Saya sangat senang saya tidak tahu harus berbuat apa. Saya berencana untuk menjual ambergris karena saya telah menerima sertifikat untuk membuktikan bahwa itu asli,” ucap Phetcharaj.

“Jika saya bisa mendapatkan harga yang bagus, saya akan pensiun dari pekerjaan sebagai nelayan dan mengadakan pesta untuk teman-teman saya,” katanya kegirangan.

Ambergris diproduksi oleh paus sperma. Paus memuntahkan lendir yang mengeras dan mengapung di permukaan laut.

Potongan padat memiliki bau busuk pada awalnya, tetapi setelah lendir mengering, ia mengembangkan aroma manis dan tahan lama. Itulah alasan muntahan paus menjadi bahan yang dicari dalam industri parfum.

Sebelumnya, dua nelayan Thailand juga pernah menemukan dua gumpalan besar muntahan paus pada Maret lalu. Asaree Pooad (24) berhasil menangkap gumpalan muntahan paus. Salah satu potongan beratnya 7 kilogram sementara yang lain beratnya 600 gram.

Baca juga: Pecah Rekor, Nelayan Ini Tangkap Hiu Monster Raksasa Usai 1 Jam Bergulat

Gabungan, kedua bongkahan itu diperkirakan senilai Rp4,6 miliar. Ilmuwan di Universitas Prince of Songkhla di wilayah itu memeriksa ambergris dan mengeluarkan sertifikat keaslian.

Seorang wanita di Thailand juga seolah tak percaya setelah menemukan muntahan paus senilai Rp3,6 miliar dekat rumahnya di sekitar pantai. Siriporn Niamrin (49), sedang berjalan di sepanjang pantai setelah hujan badai ketika dia melihat benda besar terdampar di pantai Provinsi Nakhon Si Thammarat, Thailand pada 23 Februari 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini