Share

Begini Syarat Turis Asing Masuk Bali, Kalau Melanggar Prokes Bersiaplah Dideportasi!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 11 Oktober 2021 17:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 11 406 2484623 begini-syarat-turis-asing-masuk-bali-kalau-melanggar-prokes-bersiaplah-dideportasi-cseFGm2JNz.JPG Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno (Kemenparekraf)

WISATAWAN Mancanegara diizinkan masuk Bali lewat Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai mulai 14 Oktober 2021. Syaratnya wajib sudah divaksinasi Covid-19 lengkap, menyertakan hasil tes PCR negatif dan mau dites kembali setibanya di Bali.

Aturan lain yang sangat diperhatikan pemerintah adalah memastikan para turis asing patuh menjalankan protokol kesehatan (prokes). Terlebih, penyebaran varian baru kini semakin banyak ditemukan dan untuk itu pemerintah amat tegas dengan aturan yang satu ini.

Baca juga:  Turis dari 6 Negara Diizinkan Masuk Bali, Sandiaga: Kami Usulkan Ditambah Eropa

"Kami tidak segan-segan untuk bertindak tegas. Menurut saya, kepatuhan prokes bagi turis asing yang masuk adalah no negotiable (tidak bisa ditawar), karena ini yang harus kita berikan contoh," terang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di Weekly Press Briefing, Senin (11/10/2021).

Jika memang nanti saat pelaksanaan uji coba pembukaan wisatawan asing berlangsung ditemukan adanya kasus turis asing melanggar prokes, maka kata Sandi, akan ada tahapan hukuman yang mana ujungnya bisa saja deportasi.

"Dan seandainya ada pelanggaran, kami akan beri tahapan dan ujungnya adalah deportasi dari wisatawan asing tersebut," kata pria akrab disapa mas Menteri.

"Kita enggak akan main-main dalam urusan protokol kesehatan. Indonesia adalah negara hukum dan kita harus mampu menegakkan hukum kita," tegasnya.

Aturan atau kebijakan lain yang mesti dipatuhi turis asing selain prokes adalah memiliki aplikasi PeduliLindungi. Lewat aplikasi tersebut, pemerintah akan memantau dan mendeteksi semua kegiatan turis selama berwisata di Bali.

Baca juga:  Sandiaga Tegaskan Durasi Karantina 5 Hari Buat Turis Asing Belum Final!

Secara lengkap berikut persyaratan bagi turis asing yang akan masuk ke Bali pada 14 Oktober 2021:

Mulai dari sebelum penerbangan:

1. Turis harus mendapatkan visa kunjungan seingat atau izin masuk lainnya sesuai ketentuan yang berlaku.

2. Berada di negara dengan kategori low-risk, setidaknya 14 hari sebelum keberangkatan.

3. Hasil tes negatif Covid-19 melalui tes RT-PCR yang sampelnya diambil maksimal 3x24 jam sebelum jam keberangkatan.

4. Bukti vaksinasi lengkap, dengan dosis kedua dilakukan setidaknya 14 hari sebelum keberangkatan dan ditulis dalam bahasa Inggris, selain bahasa negara asal.

5. Turis mesti memiliki asuransi kesehatan dengan nilai pertanggungan minimal 100.000 USD dan mencakup pembiayaan penanganan Covid-19.

6. Mengunduh dan menginstall aplikasi PeduliLindungi.

Saat kedatangan di Bali:

1. Mengisi e-HAC via aplikasi PeduliLindungi.

2. Melaksanakan tes RT-PCR Covid-19 di on arrival dengan menunjukkan bukti konfirmasi pembayaran pelaku perjalanan dapat menunggu hasil tes di akomodasi yang sudah direservasi.

 Ilustrasi

3. Jika hasil negatif, maka pelaku perjalanan dapat melakukan karantina sesuai ketentuan.

4. Jika hasil positif dan tanpa gejala, maka pelaku perjalanan melakukan isolasi di akomodasi masing-masing.

5. Jika hasil positif dan bergejala, maka pelaku perjalanan melakukan karantina di fasilitas kesehatan terdekat dari akomodasi.

6. Pelaku perjalanan yang positif dapat melakukan tes PCR lagi pada hari ke-5. Apabila negatif, dapat melakukan aktivitas di luar ruangan (karantina periode adaptasi). Tapi, jika positif, perlu mengulang siklus karantina.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini