Sandiaga Uno Prediksi 25.000 Pengunjung Ramaikan World Superbike Mandalika

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 12 Oktober 2021 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 12 406 2484909 sandiaga-uno-prediksi-25-000-pengunjung-ramaikan-world-superbike-mandalika-fLOvPKEXfT.JPG Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: Kemenparekraf)

AJANG World Superbike (WSBK) direncanakan akan dihelat di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 19 hingga 21 November 2021. Kini, pembahasan mengenai event tersebut sudah memasuki tahap final.

Salah satu poin yang disorot Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno adalah soal penonton World Superbike itu sendiri. Dengan target penonton 25.000, Mas Menteri ternyata berfokus pada wisatawan Nusantara.

"World Superbike bisa dihadiri penonton, targetnya 25.000 kunjungan dan kami berfokus pada penonton wisatawan Nusantara yang akan meramaikan acara tersebut," kata Sandiaga.

Baca juga: Sandiaga: Ajang World Superbike dan MotoGP Harus Berdampak pada Desa Wisata

Ia menerangkan, dengan adanya WSBK, diharapkan akan meningkatkan ekonomi kreatif daerah Mandalika, termasuk soal desa wisata yang ada di sekitar lokasi acara. "Ini bisa meningkatkan hunian seperti homestay di desa wisata," terangnya.

Tak hanya itu, WSBK juga diharapkan akan meningkatkan produksi dan pembelian produk ekonomi kreatif daerah tersebut. Ini tentunya akan membuka lapangan pekerjaan juga bagi masyarakat lokal.

"Perhitungan kami begini, akan ada 25.000 kunjungan dengan total belanja per hari misalnya Rp100-200 ribu. Dengan begitu, produk ekonomi kreatif di sana bisa tumbuh Rp250-500 juta dari masing-masing lokasi. Ini sangat bagus buat desa wisata berkembang," paparnya.

Perhelatan Mandalika World Superbike itu sendiri akan menjadi bagian dari pengembangan Mandalika sebagai super prioritas.

"Mandalika menjadi salah satu wilayah yang dikembangkan menjadi spot dari sport tourism," tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini