Fakta Pesawat Berusia 34 Tahun Jatuh Tewaskan 16 Penerjun, Pernah Dipakai Militer Uni Soviet

Salwa Izzati Khairana, Jurnalis · Selasa 12 Oktober 2021 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 12 406 2484970 fakta-pesawat-berusia-34-tahun-jatuh-tewaskan-16-penerjun-pernah-dipakai-militer-uni-soviet-sjGPb1828k.JPG Pesawat jatuh tewaskan 16 penerjun Rusia (Foto: Reuters)

TRAGEDI penerbangan kembali terjadi. Kali ini sebuah pesawat jatuh tak lama setelah lepas landas di Tatarstan, Rusia. Dalam tragedi mengerikan itu, sebanyak 16 penerjun payung tewas dan 7 orang lainnya luka-luka.

Klub terbang Menzelinsky menggunakan mesin kembar L-410 untuk mengajar para penerjun payung.

Menurut saksi mata, pesawat baru saja lepas landas dan terbang rendah di atas puncak pohon ketika jatuh. Sebanyak 20 penumpang adalah penerjun payung, sedangkan dua sisanya awak pesawat.

Menurut laporan, pesawat mengudara kurang dari satu mil sebelum badan pesawat pecah kemudian jatuh ke tanah.

Gambar dari tempat kejadian menunjukkan pesawat yang hancur tergeletak di tanah, sementara video menunjukkan tim penyelamat memanjat puing-puing mencari korban.

Baca juga: Ada Penumpang Mencurigakan, Pesawat Ini Langsung Mendarat Darurat

Sebelum tiba-tiba menghilang dari layar radar, kontrol lalu lintas udara melaporkan pesawat telah berhenti berkomunikasi dengan operator.

Dalam foto-foto dari tempat kejadian, pesawat itu tampaknya jatuh di halaman kayu, dengan pohon-pohon yang ditebang dan peralatan berat yang terlihat.

“Pada pukul 09.23, sebuah pemberitahuan diterima mengenai kecelakaan pesawat ringan di dekat pangkalan RES di Kota Menzelinsk,” sebut Kementerian Situasi Darurat Rusia.

"Informasi awal, unit pemadam kebakaran dan tim SAR Menzelinsk sedang dalam perjalanan untuk melakukan pertolongan,” sambungnya.

Tim penyelamat dilaporkan mengalami kesulitan mengakses bangkai pesawat yang hancur.

Sekadar informasi, pesawat itu telah beroperasi sejak tahun 1987. Awalnya pesawat ini bertugas di Angkatan Udara Soviet, kemudian disimpan hingga dipindahkan kepada organisasi olahraga yang telah mengoperasikannya sejak itu.

Baca juga: Kenapa Jendela Pesawat Berbentuk Oval? Ternyata Ada Peristiwa Tragis di Balik Ini

Meski standar keselamatan penerbangan Rusia telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, tetapi kecelakaan, terutama yang melibatkan pesawat era Soviet yang menua di daerah yang berjauhan, tidak jarang terjadi.

Bulan lalu, sebuah pesawat angkut tua Antonov An-26 jatuh di timur jauh Rusia, menewaskan enam orang. Sementara itu, sebuah kecelakaan di Kamchatka menewaskan semua 28 penumpang di dalam pesawat turboprop bermesin ganda Antonov An-26.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini