5 Pulau Terbesar di Indonesia, Nomor 1 Punya Gunung Emas!

Anisa Suci Maharani, Jurnalis · Rabu 13 Oktober 2021 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 13 406 2485543 5-pulau-terbesar-di-indonesia-nomor-1-punya-gunung-emas-rQ0qCLYhps.JPG Pulau terbesar di Indonesia (Foto: Worldometers)

PULAU terbesar di Indonesia terbentang dari Sabang sampai Marauke. Pulau-pulau ini memiliki luas hingga ratusan ribu kilometer persegi.

Indonesia menyandang status sebagai negara kepulauan, dengan memiliki sedikitnya 17.162 pulau. Jumlah itu berdasarkan Berita Acara Penetapan Jumlah Pulau Hasil Validasi dan Verifikasi tahun 2019.

Ukuran pulau yang ada di wilayah Indonesia sangat bervariasi. Mulai dari yang terpencil, hingga pulau besar yang ditempati jutaan penduduk Indonesia. Berikut lima pulau terbesar di Indonesia sebagaimana Okezone rangkum untuk Anda.

5. Jawa

Pulau Jawa berada di puncak daftar sebagai yang terpadat di antara pulau terbesar di Indonesia. Pulau Jawa memiliki luas tanah 128.297 km persegi.

Baca juga: Pesona 4 Pulau Terpencil di Indonesia, Menawarkan Ketenangan di Tengah Pandemi

Pulau Jawa

(Pulau Terbesar di Indonesia, Foto: Facts of Indonesia)

Pulau padat penduduk ini dikelompokkan menjadi enam provinsi, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, serta dua wilayah khusus, yaitu DKI Jakarta dan DI Yogyakarta.

4. Pulau Sulawesi

Pernah dikenal dengan nama Celebes, Pulau Sulawesi mencakup 180.681 km persegi. Pulau Ini adalah salah satu Kepulauan Sunda Besar dan terdiri dari empat semenanjung.

Pulau Sulawesi

(Pulau Terbesar di Indonesia, Foto: welt-atlas)

Tidak mau kalah dari Bali dan Lombok, Sulawesi menawarkan deretan pantai yang indah dan eksotis untuk menarik wisatawan.

3. Pulau Sumatera

Pulau Sumatera

(Pulau Terbesar di Indonesia, Foto: Lonely Planet)

Berada di bagian barat Indonesia, Pulau Sumatera menempati posisi nomor tiga setelah Borneo. Luas wilayah pulau ini mencapai 443.065 km persegi dan menjadi pulau terbesar keenam di dunia.

2. Pulau Kalimantan

Pulau Kalimantan

(Pulau Terbesar di Indonesia, Foto: Researchgate)

Kalimantan adalah urutan kedua terbesar di Indonesia dengan luas wilayah 743.330 km persegi. Secara geografis, pulau ini dimiliki oleh tiga negara, yaitu Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam namun tentunya dengan batas-batas negara yang telah disepakati.

1. Pulau Papua

Disebut juga dengan New Guinea, pulau ini merupakan yang terluas di Indonesia. Pulau Papua menempati peringkat nomor dua sebagai pulau terbesar di dunia setelah Greenland, dengan luas wilayah 786.000 km persegi.

Pulau Papua

(Pulau Terbesar di Indonesia, Foto: Pinterest)

Pulau berjuluk Bumi Cenderawasih ini memiliki kekayaan alam berupa tambang emas yang dikeruk puluhan tahun hingga kini belum juga habis. Sumber daya tersebut sudah puluhan tahun dikelola PT Freeport Indonesia. Mulai dari emas, tembaga, perak dan mineral yang ada di wilayah Pegunungan Tengah Papua.

Perusahaan pertambangan milik Amerika Serikat, Freeport McMoRan, ini sudah lebih dari lima dekade menyedot emas, tembaga, perak, dan mineral lain dari perut bumi di pegunungan tengah Papua. Perusahaan ini awalnya milik asing. Namun kini sudah beralih ke PT Inalum. PT Freeport Indonesia kini memiliki 51,23 persen saham.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini