Ban Mobil 16 Kg Nyangkut di Leher Rusa Akhirnya Bisa Dilepaskan Setelah 2 Tahun

Salwa Izzati Khairana, Jurnalis · Jum'at 15 Oktober 2021 02:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 14 406 2486293 ban-mobil-16-kg-nyangkut-di-leher-rusa-akhirnya-bisa-dilepaskan-setelah-2-tahun-hoHx7EA8oe.JPG Rusa liar hidup berkalung ban selama dua tahun (Foto: Indianexpress)

SEEKOR rusa jantan di Colorado, Amerika Serikat akhirnya dibebaskan dari ban mobil seberat lebih kurang 16 kilogram yang tersangkut di lehernya selama hampir dua tahun.

Petugas di Taman dan Margasatwa Colorado, AS, berhasil menenangkan hewan itu dan melepaskan ban dari lehernya dengan bantuan penduduk setempat. Pihak Taman dan Margasatwa Colorado pun membagikan tweet resmi di Twitter.

“Kisah tentang rusa jantan dengan ban di lehernya sudah berakhir. Terima kasih kepada penduduk di selatan Pine Junction pada CR 126 telah melaporkan lokasinya, petugas satwa liar dapat membebaskannya dari ban itu pada Sabtu,”.

Dalam tweet lain, otoritas taman berbagi beberapa foto hewan berkeliaran dengan ban di lehernya, serta video YouTube petugas satwa liar, Scott Murdoch, membahas bagaimana ban sampai di sana dan kemungkinan melepasnya.

Baca juga: Viral Rusa Besar Mengamuk Serang Pengunjung Kebun Binatang

Melansir Indianexpress, petugas satwa iar Dawson Swanson dan Scott Murdoch menemukan hewan itu di properti pribadi dekat Pine Junction setelah diberitahu penduduk setempat.

“Sangat sulit untuk melepaskannya. Itu tidak mudah tentunya, kami harus memindahkannya dengan benar untuk melepaskannya karena kami tidak mampu memotong baja di ban. Untungnya, leher rusa masih memiliki sedikit ruang untuk bergerak,” kata Murdoch tentang penyelamatan rusa jantan berusia 4,5 tahun yang beratnya 600 pon.

Murdoch menambahkan: “Kami lebih memilih untuk memotong ban dan membiarkan tanduk rusa untuk aktivitasnya, tetapi situasinya dinamis dan kami harus melepaskan ban dengan cara apapun yang memungkinkan,”.

Usai penyelamatan, petugas mengatakan hewan itu kembali berdiri dalam beberapa menit.

"Ban itu penuh dengan jarum pinus basah dan kotoran. Jadi, jarum pinus, kotoran, dan puing-puing lainnya pada dasarnya memenuhi seluruh bagian bawah ban. Mungkin ada 10 pon puing di ban,” kata Murdoch.

Rusa itu pertama kali terlihat pada Juli 2019, namun hewan itu menghilang untuk waktu yang lama.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini