Catat! Ini 3 Syarat Pariwisata Bangkit di Masa Pandemi Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 15 Oktober 2021 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 15 406 2486609 catat-ini-3-syarat-pariwisata-bangkit-di-masa-pandemi-covid-19-6AmTjNvhlB.JPG Bali buka penerbangan internasional bagi turis mancanegara (Foto: Antara)

PARIWISATA menjadi salah satu sektor yang lumpuh selama pandemi Covid-19 berlangsung. Namun, dengan situasi Covid-19 yang sudah melandai, ini adalah saat yang tepat untuk kembali membangkitkan sektor pariwisata di Tanah Air.

Merangkum dari laman Instagram Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), @lawancovid19.id, Jumat (15/10/2021), membangkitkan sektor pariwisata yang sempat mati beberapa waktu lalu bisa dengan memastikan tiga hal penting, di antaranya:

1.Memastikan tingkat vaksinasi Covid-19 yang tinggi.

2.Penerapan protokol kesehatan (prokes) yang ketat, termasuk status vaksinasi, ketentuan karantina, dan penggunaan aplikasi PeduliLindungi untuk kebutuhan contact tracing.

3.Penerapan standarisasi CHSE yang baik dan lulus sertifikasi. CHSE meliputi cleanliness (kebersihan), health (kesehatan), safety (keamanan), dan environmental sustainability (kelestarian lingkungan).

Baca juga: Begini Strategi Belitung Wujudkan Pariwisata Aman dari Covid-19

Staf Ahli Bidang Manajemen Krisis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Henky Manurung, juga sempat menyinggung terkait dengan sektor pariwisata Bali yang dinilai siap untuk bangkit kembali.

Sebab, saat ini Bali menjadi provinsi dengan ekonomi dimotori pariwisata yang dinilai siap bangkit kembali. Pintu masuk Bali akan dibuka bagi para wisatawan mancanegara dengan menaati peraturan yang berlaku.

Dengan tingkat vaksinasi di Bali mencapai 99 persen untuk dosis pertama dan 90 persen untuk dosis kedua, Bali siap menerima kunjungan wisatawan mancanegara yang menaati peraturan, ketentuan, dan prosedur yang telah dibangun bersama pemerintah pusat dan daerah.

(put)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini