Ketahuan Pakai Meses Ilegal, Toko Roti Ini Terpaksa Setop Bikin Kue

Anisa Suci Maharani, Jurnalis · Minggu 17 Oktober 2021 01:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 16 406 2487339 ketahuan-pakai-meses-ilegal-toko-roti-ini-terpaksa-setop-bikin-kue-fglQI2ANQH.jpg Kue dari Get Baked in Leeds (Facebook via ABC News)

SEBUAH toko roti di Inggris terpaksa harus berhenti membuat kue terlarisnya setelah ditemukan mengandung taburan meses ilegal.

Pemilik Get Baked in Leeds, Rich Myers, tidak berkomentar apa-apa tentang meses yang tersedia di Inggris. Dia hanya menggunakan yang diimpor dari Amerika Serikat.

“Siapa pun yang menyukai meses akan tahu apa yang saya bicarakan. Meses yang bisa Anda dapatkan di negara ini benar-benar omong kosong. Mereka terlihat jelek, mereka memanggang," kata Myers di Facebook seperti dilansir dari ABC News, Sabtu (15/10/2021).

Baca juga: Enggak Perlu ke Prancis, Kenikmatan Croissant Bisa Dirasakan di Jakarta!

Masalahnya adalah meses Amerika mengandung E127, pewarna makanan merah yang juga dikenal sebagai Erythrosine atau Red 3.

Di Inggris dan Uni Eropa, penggunaan E127 dibatasi dan dilarang dalam makanan, kecuali ceri koktail dan ceri manisan.

Larangan juga berlaku di Australia. Berbicara soal ceri, E127 hanya diperbolehkan dalam jumlah terbatas dalam lapisan gula atau frosting.

Penelitian telah menyarankan penggunaan E127 dalam makanan memiliki efek negatif pada perhatian dan perilaku anak-anak.

Mr Myers mengatakan toko roti itu dilaporkan ke Standar Perdagangan, yang memerintahkan mereka untuk segera berhenti menggunakan meses.

Baca juga: Kue Viral ala Jepang Ini Hadir di Tangerang, Lembutnya Bikin Nagih!

Dia mengatakan mereka akan mengikuti aturan, tetapi tidak lagi membuat Kue Donat Raspberry Glazed yang populer, yaitu kue yang dilapisi dengan meses di atasnya.

“Sayangnya, saya tidak menggunakan yang lain,” kata Myers.

Kemudian dia menambahkan : “Jika saya tidak bisa menggunakannya, saya tidak akan menggunakannya.”

Insiden yang dijuluki Sprinklegate telah mendapat perhatian media luas di Inggris.

Myers mengatakan toko roti itu dibombardir oleh pers dan mereka harus menunda pembukaan toko roti pada Kamis waktu setempat.

“Saya tidak membiarkan ketenaran menguasai saya, tetapi saya telah mempekerjakan seorang PA dan dia pergi untuk membelikan saya cappuccino, ekstra panas, tanpa cokelat,” katanya di Facebook.

Ilustrasi

Pabrik ceri biasanya menggunakan pewarna E127 yang berwarna putih, agar menyerupai varietas ceri biasa.

E127 adalah satu-satunya pewarna makanan yang memberikan warna sesuai, tidak merembes ke buah lain dalam kaleng campuran buah, dan memiliki umur simpan yang stabil.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini