Paling Sering Terjadi, Hindari Kesalahan Ini sebelum Lewati Pemeriksaan Bandara

Ahmad Haidir, Jurnalis · Senin 18 Oktober 2021 09:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 18 549 2487824 paling-sering-terjadi-hindari-kesalahan-ini-sebelum-lewati-pemeriksaan-bandara-LAAFb9scQW.JPG Petugas Avsec bandara memeriksa calon penumpang pesawat (Foto: Instagram/@aghilo23)

BAGI Anda yang sering bepergian dengan pesawat terbang, terjebak di antrean orang yang bergerak lambat maupun melewati pemeriksaan petugas keamanan bandara merupakan hal lumrah yang kerap dialami.

Bahkan mungkin saja Anda pernah tersesat, bingung, dan merasakan murka barisan penumpang yang frustrasi di belakang Anda saat memasuki area pemeriksaan bandara.

Kecuali Anda terbang dengan jet pribadi tentu pengalaman tersebut takkan Anda alami. Tak dipungkiri jika melewati area pemeriksaan bandara adalah salah satu komponen perjalanan yang tak dapat dihindari oleh traveler.

Nah, agar perjalanan Anda terasa nyaman dan menyenangkan, berikut MNC Portal Indonesia rangkumkan daftar 'kesalahan' yang paling sering terjadi dan sejatinya Anda hindari, sebagaimana dikutip dari lamanTravel and Leisure.

Lalai siapkan dokumen

Saat bepergian menggunakan pesawat, terlebih menempuh jarak jauh seperti penerbangan antarpulau atau lintas negara tentu membutuhkan dokumen-dokumen perjalanan. Anda bahkan tidak akan bisa melewati keamanan tanpa boarding pass dan/atau tanda pengenal yang benar.

Baca juga: Tips Memilih Tempat Wisata Selama Pandemi agar Liburan Aman dan Nyaman

Pastikan Anda tidak lupa membawa dokumen travel semisal paspor jika bepergian ke luar negeri. Jika barang ini tertinggal maka jelas Anda tidak akan ikut serta dalam penerbangan.

Kemudian yang terpenting adalah simpan dokumen pemeriksaan tersebut di tempat yang mudah dijangkau, tidak dikemas di bagian bawah koper Anda yang tentu akan menyusahkan diri sendiri dan orang lain.

Infografis Fakta tentang Pesawat

Waktu mepet

Jessica Mayle, seorang spesialis urusan masyarakat untuk Wilayah Great Lakes TSA, merekomendasikan untuk memberi diri Anda banyak waktu agar tidak terburu-buru melewati pos pemeriksaan bandara.

Tidak ada yang lebih buruk daripada orang lain yang mencoba 'menyikut' Anda ke depan garis keamanan karena menunggu lebih lama dari yang diharapkan dan Anda tidak meninggalkan cukup ruang gerak untuk mereka.

Agar perjalanan nyaman, tibalah lebih awal dari waktu keberangkatan Anda, setidaknya 2-3 jam sebelum pesawat take off. Kemudian hindari kesibukan berlebihan yang tidak perlu yang cenderung membuang-buang waktu.

Baca juga: Catat! 4 Tips Traveling Buat Orang Pelupa, Agar Liburannya Bahagia

Antrean Penumpang di Konter Check-in Bandara

(Foto: Instagram/@swadayani_tinny)

Packing sembrono

Salah satu kesalahan terburuk yang sering dilakukan traveler ialah menyimpan barang-barang yang sebenarnya diperlukan saat melintasi pos pemeriksaan bandara.

Simpan boarding pass, ID, paspor, dan telepon Anda di saku atau kompartemen di luar koper sehingga Anda dapat dengan mudah mengambilnya saat ditanyakan petugas pemeriksa.

Selain itu, pastikan untuk memeriksa peraturan seputar apa yang diizinkan dalam tas jinjing dan bagasi terdaftar Anda. Misalnya, semua perangkat elektronik harus Anda bawa di kabin dan bukan di bagasi terdaftar.

Berpakaian tak nyaman

Saat melewati pemeriksaan bandara, biasanya penumpang akan diminta untuk melepaskan pakaian luar seperti jaket, sepatu, dan ikat pinggang saat melewati pemeriksaan keamanan. Peraturan tersebut memang terasa merepotkan, namun itulah aturan di bandara yang harus dipatuhi.

Nah, untuk mengakalinya, Anda bisa kenakan sepatu yang mudah dilepas seperti jenis slip-on shoes, terutama jika Anda bepergian dengan anak-anak.

Boleh saja Anda bergaya saat berada di bandara, tetapi memilih pakaian yang simpel sepertinya adalah hal yang akan membantu kenyamanan traveling Anda.

Hindari penggunaan outfit seperti rainy coat, yang tentu akan repot apabila diminta melepasnya bukan?

Infografis Tips Traveling

Bawa barang terlarang

Ini adalah hal yang paling sering terjadi dan banyak dilakukan oleh orang yang tidak double check barang bawaannya. Benda sederhana namun ‘terlarang’ seperti korek api dan gunting misalnya, tentu membutuhkan waktu untuk dievakuasi.

Saat mengemas barang-barang di bagasi, seringkali tanpa disadari benda terlarang tersebut terbawa. Ini tidak hanya memperlambat proses penyaringan untuk semua orang, tetapi juga bisa membuat Anda dalam masalah serius.

Bawalah barang-barang yang Anda tahu diizinkan di bagasi jinjing Anda dan kemas tas dengan benar demi menghindari kerumitan yang tidak perlu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini