Tips Perjalanan bagi Traveler Pemula agar Liburan Kian Menyenangkan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 18 Oktober 2021 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 18 549 2487834 tips-perjalanan-bagi-traveler-pemula-agar-liburan-kian-menyenangkan-uWiJTFr50f.JPG Ilustrasi (Foto: Freepik)

PERNAHKAH Anda merasa iri kala melihat teman-teman Anda kerap memposting kegiatan liburan mereka yang seru di media sosial? Atau mungkin di sisi lain Anda ingin traveling namun bingung meluangkan waktu bahkan bingung bagaimana caranya bisa menjadi traveler seperti mereka.

Nah, agar tak salah langkah, ada baiknya Anda membaca tips bagaimana merencanakan perjalanan bagi traveler pemula berikut ini sebagaimana MNC Portal Indonesia rangum dari laman Travel Dudes.

Selektif berpakaian

Anda tidak harus berpakaian bagus, tetapi Anda mungkin harus mengikuti beberapa aturan dasar. Pertama, lakukan pencarian terlebih dahulu sebelum berangkat ke destinasi wisata Anda.

Lihat bagaimana cara mereka berpakaian, dan apa yang dianggap tidak sopan olehnya. Misalnya, orang Amerika Utara tidak suka mengenakan kaus kaki putih. Dengan demikian, jangan menggunakan benda ini ketika berkunjung ke sana.

Tak apa-apa untuk memertahankan selera gaya Anda sendiri, tetapi jika Anda ingin orang memperlakukan Anda lebih adil, maka menghindari stereotipe adalah ide yang baik.

Bawa uang secukupnya

Berapa banyak uang tunai yang harus Anda ambil dan dalam bentuk apa? Pendekatan paling sederhana adalah melupakan cek perjalanan dan uang tunai dalam jumlah besar. Sebagai gantinya, bawa kartu ATM Anda dan tarik uang Anda sesuai kebutuhan.

Baca juga: Tips Memilih Tempat Wisata Selama Pandemi agar Liburan Aman dan Nyaman

Ilustrasi Backpacker

(Foto: Dailybeast)

Cobalah untuk menarik uang yang setara dengan beberapa ratus ribu sekaligus. Dengan cara ini Anda tidak perlu membayar mahal dalam biaya transaksi, tetapi jika Anda kehilangan uang tunai atau dirampok maka itu bukanlah akhir dari segalanya.

Sebagian besar kota dan hampir semua bandara terhubung akhir-akhir ini. Salah satu tips perjalanan terbaik untuk pemula adalah jika Anda akan berada di bandara atau melewatinya, Anda harus baik-baik saja dengan menarik uang.

Anggaran

Selain mempersiapkan anggaran untuk wisata, siapkan juga budget untuk biaya tak terduga. Seperti budget suvenir, uang cadangan jika Anda kehilangan sesuatu di tempat tujuan atau bahkan dicuri, serta biaya jajan jikalau Anda ingin mencicipi makanan khas yang hanya bisa didapatkan di daerah tersebut.

Antisipatif

Salah satu hal terbaik tentang liburan adalah kegembiraan antisipatif. Karena itu, bacalah setiap blog yang bisa Anda dapatkan. Beli atau pinjam panduan perjalanan. Jelajahi forum, buka YouTube dan cari video dari beberapa tujuan Anda.

Bersikap realistis

Jangan berharap untuk bersenang-senang setiap saat. Ketahui juga bahwa Anda perlu membangun dalam beberapa hari untuk beristirahat. Pekan pertama Anda berlari dengan adrenalin dan mencintai setiap momennya, tetapi tubuh Anda akan membalas dendam.

Yang terpenting, jangan berencana pergi ke terlalu banyak tempat. Banyak pelancong pertama kali (cukup dimengerti) ingin melihat dunia. Tapi jangan menjejalkan terlalu banyak.

Hampir tidak ada tempat yang bisa Anda kunjungi yang tidak ingin Anda habiskan setidaknya sepekan. Anda perlu memiliki cukup waktu untuk melakukan lebih dari sekadar mengambil beberapa foto wajib sebelum menuju ke tujuan Anda berikutnya.

Packing

Ada banyak saran tentang pengepakan, dan sebagian besar menyangkut pentingnya pengepakan yang ringan. Bawalah tak lebih dari 3-4 pakaian dan tanpa kecuali Anda tidak perlu lebih dari dua pasang sepatu. Kemudian sandal dihitung sebagai satu pasang. Pengemasan ringan sangat penting, tetapi tidak sesederhana itu.

Beberapa hal yang sangat diperlukan wisatawan tambahan meliputi: baterai ekstra, peta, setumpuk kartu, senter, sendok garpu plastik, lakban, tas cucian, dan tali jemuran. Jam perjalanan juga bisa sangat berguna.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini