10 Destinasi Wisata Bersejarah di Turki, Peninggalan Romawi hingga Kekhalifahan Islam Terakhir

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 20 Oktober 2021 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 19 408 2488566 10-destinasi-wisata-bersejarah-di-turki-peninggalan-romawi-hingga-kekhalifahan-islam-terakhir-hlVNUFbo0x.jpg Istana Topkapi di Istanbul, Turki yang kini jadi museum menyimpan benda peninggalan Nabi Muhammad dan para sahabatnya (Freepik)

TURKI sebagai negara dengan sejarah hebat serta kedalaman budaya luar biasa, membuatnya mampu menarik jutaan wisatawan dari tahun ke tahun.

Turki memiliki begitu banyak hal untuk ditawarkan, mulai dari banyaknya spot foto dengan pemandangan yang indah, hingga tempat bersejarah yang akan memperluas pengetahuan Anda.

Situs-situs bersejarah era Romawi hingga Kesultanan Utsmaniyah atau Ottoman, Kekhalifahan Islam masih bisa ditemui di sana.

Baca juga:Gerbang Kuil Zeus Magnesia Ditemukan, Lokasi Ini Kota Terkemuka Zaman Kuno

Melansir Travel Triangle, berikut adalah 10 tempat wisata bersejarah di Turki yang patut dikunjungi.

Aizanoi 

Aizanoi, kota yang memiliki banyak peninggalan nilai universal, adalah salah satu kota terpenting pada masa pemerintahan Romawi. Statusnya sebagai jaringan jalan komersial menjadi sangat penting. Ketika di Aizanoi, kunjungi Kuil Zeus di Kompleks Teater Stadion, Macellum dan museum Kutahya.

Ilustrasi

Foto Travel Triangle

Aphrodisias 

Aphrodisias, kota Aphrodite (Dewi cinta), adalah salah satu situs bersejarah paling mengesankan di Turki. Jelajahi reruntuhan, tur museum, dan untuk menikmati keindahan tempat ini, Anda perlu menghabiskan setidaknya 3 jam.

Anadoluhisari 

Anadoluhisari, sebuah benteng yang terletak di Istanbul, dibangun oleh Sultan Ottoman antara 1393 dan 1394. Salah satu tempat bersejarah terbaik di Istanbul, juga merupakan struktur arsitektur Turki tertua yang dibangun di Istanbul dan diubah menjadi museum selama tahun 1990-an.

Baca juga: Karahantepe, Situs Kuno Warisan Neolitikum Paling Mengagumkan di Turki

Meskipun museum bagian dalam tidak terbuka untuk umum, dinding luarnya masih dapat diakses dan patut dikunjungi.

Kastil Alanya 

Jika Anda berencana untuk mengunjungi monumen bersejarah terbaik di Turki, sayang sekali jika Anda melewatkan kastil Alanya. Ini merupakan sebuah kastil yang sekarang menjadi museum terbuka, menawarkan pemandangan indah dari perairan pirus yang mengalir di sampingnya.

Ilustrasi

Kastil Alanya di Turki (Travel Triangle)

Kastil ini dikelilingi oleh tembok sepanjang empat mil yang memiliki sekitar 140 menara.

Teluk Anzac 

Teluk Anzac merupakan tempat bersejarah termuda di Turki. Teluk ini merupakan situs Perang Dunia I untuk pangkalan utama Korps Angkatan Darat Australia dan Selandia Baru (ANZAC) selama delapan bulan selama salah satu kampanye perang.

Ephesus 

Dibangun pada abad ke-10 SM, kota ini berkembang di bawah Republik Romawi. Itu didirikan sebagai pelabuhan dan merupakan pusat komersial penting. Jika berkunjung ke sana, jangan lupa beli suvenir buatan Turki untuk oleh-oleh.

Museum Antalya

Ada banyak tempat bersejarah populer di Antalya, dan yang paling terkenal adalah museum Antalya. Museum ini memiliki 13 ruang pameran dan galeri terbuka. Museum Antalya menyoroti sejarah wilayah Mediterania dan Pamfilia. Tampilan artefak yang luar biasa membuat tempat ini sangat worth it untuk dikunjungi.

Side 

Side, sebuah kota Yunani kuno, adalah rumah bagi banyak tempat wisata yang menyenangkan dan bernilai sejarah. Kuil Apollo, Aspendos, reruntuhan Romawi, pemandian Pamukkale, dan air terjun Duden adalah beberapa tempat yang harus dikunjungi. Parasailing, arung jeram, scuba diving, dan jeep safari adalah beberapa petualangan yang harus dilakukan saat berada di Side.

Ilustrasi

The Blue Mosque 

Ini merupakan ikon wisata Turki yang banyak tersebar di media sosial. Selain merupakan masjid, Blue Mosque juga merupakan madrasah, Sultan Resting Mansion, pemandian Turki, air mancur, rumah sakit, Mekteb-I Sbyan, kamar sewa, dan rumah.

Pada kunjungan ke objek wisata paling terkenal ini, jangan lupa untuk berkunjung ke 'Arasta', yang berada di belakang museum dan dikelilingi oleh Museum Mosaik dengan toko-toko yang menjual suvenir.

Istana Topkapi 

Peziarah, sejarawan, penggemar arsitek, pasangan romantis, dan bahkan turis sederhana, tempat ini menarik bagi semua orang. Bangunan eksotis dan taman yang luas membuat kunjungan ke tempat ini tak terlupakan. Anda akan membutuhkan setidaknya setengah hari untuk menjelajahi tempat ini.

Topkapi juga menyimpan koleksi benda-benda bersejarah peninggalan Nabi Muhammad dan para sahabatnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini