Daftar 27 Objek Wisata di Gunung Kidul yang Dibuka, Anak-Anak Boleh Masuk

Antara, Jurnalis · Rabu 20 Oktober 2021 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 20 406 2489072 daftar-27-objek-wisata-di-gunung-kidul-yang-dibuka-anak-anak-boleh-masuk-nKwPl4cNGN.jpg Pantai Ngandon di Gunung Kidul, DIY (Antara)

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), secara resmi melakukan uji coba terbatas 27 objek wisata yang sudah memiliki sertifikat Cleanness, Health, Safety, and Environmental Sustainabillity atau CHSE dengan kapasitas maksimal 25 persen.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunung Kidul Harry Sukmono mengatakan uji coba terbatas pembukaan 27 objek wisata ini mengacu pada Surat Edaran (SE) Nomor: 556/4825 tentang Pembukaan Destinasi Wisata di Kabupaten Gunung Kidul yang ditanda tangani Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gunung Kidul Drajad Ruswandono.

Baca juga: Penutupan Objek Wisata di Gunung Kidul Diperpanjang, Wisatawan Mohon Bersabar

"Pembukaan objek wisata ini berlaku sejak hari ini sesuai dengan surat edaran yang ditanda tangani Sekda Gunung Kidul Drajad Ruswandono pada Selasa (19 Oktober," kata Harry di Gunung Kidul, Rabu (20/10/2021).

Ia mengatakan pembukaan objek wisata secara terbatas juga sesuai dengan Instruksi Bupati Gunung Kidul Nomor 443/4749 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 2 Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Kabupaten Gunung Kidul, bahwa tempat wisata telah diizinkan buka dengan ketentuan.

Selain itu berdasarkan SE Sekda Gunung Kidul, syarat pembukaan objek wisata yang harus dipatuhi, yakni kapasitas maksimal 25 persen, mengikuti protokol kesehatan yang diatur oleh Kementerian Kesehatan dan/atau kementerian/lembaga terkait. Wisatawan wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai.

 Baca juga: Mau Liburan ke Gunung Kidul, Ribuan Wisatawan Dihalau Petugas

"Kemudian, anak di bawah 12 tahun diperbolehkan masuk dengan pendampingan orang tua dan mengakses aplikasi PeduliLindungi," katanya.

Adapun objek wisata yang telah dibuka secara terbatas, meliputi kawasan pantai, wisata alam pegunungan, wisata alam. Wisata pantai yang dibuka, yakni Kawasan Baron-Seruni, Kawasan Pantai Wediombo, Kawasan Pantai Siung, Kawasan Pantai Ngrenehan, Kawasan Pantai Ngedan, Kawasan Pantai Gesing, dan Kawasan Pantai Timang.

Kemudian wisata alam dan pegunungan, yakni Gunung Gentong, Gua Cerme, Gunung Gambar, Taman Batu Mulo, Kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran, Kawasan Gua Pindul, Luweng Sampang, Bejiharjo Edupark, Watugupit, Sri Gethuk Bleberan, Hutan Wanasadi, Green Village Gedangsari, Embung Sriten.

Selanjutnya, Kalisuci Cave Tubing, Telaga Jonge, Cempluk Kesamben, Taman Wisata Embung Bembem, Gunung Ireng, Dam Beton, dan Teras Kaca.

Ilustrasi

"Kami mengimbau kepada petugas di lapangan dan pelaku wisata untuk tetap mengedepankan protokol kesehatan Jangan sampai uji coba pembukaan objek wisata ini menimbulkan klaster baru penyebaran COVID-19. Kami juga mengharapkan wisatawan tetap patuh pada protokol kesehatan demi keselamatan

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini